PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KLINIS PADA SDN 01 LEMBAH MELINTANG

Yasri Yasri

Sari


Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kemampuan guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) melalui kegiatan supervisi klinis SDN 01 Lembah Melintang UPTD Pendidikan Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat.
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SDN 01 Lembah Melintang UPTD Pendidikan Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi klinis. Penelitian dilakukan pada semester I, tepatnya pada bulan Juli-Oktober 2018. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas di SDN 01 Lembah Melintang UPTD Pendidikan Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat dengan jumlah 12 orang guru.
Hasil penelitian menunjukkan supervisi kelas oleh kepala sekolah terbukti berhasil meningkatkan kinerja guru kelas SDN 01 Lembah Melintang dalam mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Dengan meningkatnya kinerja guru kelas SDN 01 Lembah Melintang dalam mengelola proses pembelajaran, selain proses belajar siswa lebih bermakna juga hasil belajarnya pun turut meningkat.
Peningkatan kinerja guru SDN 01 Lembah Melintang dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dibuktikan dengan peningkatan hasil observasi yang dilakukan pada 3 apsek penilaian. Pada aspek penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meningkat dari 54,46 menjadi 75,60 dan 94,35 sedangkan aspek penilaian kemampuan merencanakan pembelajaran meningkat dari 54,63 menjadi 70,83 dan 87,96 dan aspek kemampuan melaksanakan pembelajaran, evaluasi, tindak lanjut dari 55,77 menjadi 68,91 dan 81,73 pada akhir siklus kedua.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) melalui kegiatan supervisi klinis SDN 01 Lembah Melintang. Untuk itu, peneliti menyarankan agar di sekolah-sekolah dapat dilakukan supervisi klinis dalam mengembangkan model-model pembelajaran.

Teks Lengkap:

Hal 79-89

Referensi


Ahmadi, Abu dan Joko T. Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Antoro, Yuni. 2002. Peningkatan Kemampuan Berbicara Ragam Krama Melalui Permainan Simulasi P4 Pada Siswa Kelas IIIA SLTP Negeri 2 Pekuncen Tahun pelajaran 2002/2003. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta

Dakir. 2004. Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta : Rineka Cipta.

Herman J. Waluyo. 2008. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT. Hanindita

Kartadinata, Sunaryo, dkk. 2002. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Maulana

Masnur Muslich. 2007. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PN. Bumi Aksara. Situmorang. B.P. 1983. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Ende Flores NTT: Nusa Indah.

Moleong. Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mugiarso, dkk. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang

Rachman, dkk. 1999. Manajemen Kelas. Semarang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Roestiyah NK. (1985). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara : Jakarta

Sumantri, dkk. 2001. Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Maulana

Suminto A. Sayuti. 2008. “Pengajran Sastra yang Menyebalkan dan KTSP “ (Makalah) disajikan dalam lokakarya Apresiasi Sastra daerah di Bogor. Tanggal 12-16 Agustus.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.