UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BUAH BONSAI DI KELAS I SDN 14 PADANG ARO KECAMATAN SANGIR

Erfiati Erfiati

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini berawal dari pengalaman penulis di lapangan ketika pelaksanaan pembelajaran terpaku pada metode ceramah dalam penyampaian materi sehingga siswa-siswa sering mengalami kebosanan dan daya tangkap terhadap materi kurang. Karena itu penulis mencoba menarik minat belajar siswa dengan penggunaan alat peraga berupa buah bonsai untuk membantu penyampaian materi agar siswa lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan di Kelas I SDN 14 Padang Aro Kecamatan Sangir? Tujuan Agar siswa lebih memahami pelajaran tentang penjumlahan operasi bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas I SDN 14 Padang Aro, Kec. Sangir Kab. Solok Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, dengan 16 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Dengan menggunakann Teknik Pengumpulan Data berupa tes dan observasi. Sebagai Alat Pengumpulan Data yaitu Butir Soal Tes dan Lembar Observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75% dari jumlah siswa yang sudah mencapai nilai KKM yaitu 55.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data bahwa dengan menggunakan alat peraga buah bonsai berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas I SDN 14 Padang Aro Kecamatan Sangir. Ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17.20. sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52 % dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 100 % artinya penggunaan metode alat peraga berupa buah bonsai adalah baik dan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika tentang penjumlahan di kelas I SDN 14 Padang Aro Kecamatan Sangir. Dengan hasil tersebut, maka kesimpulannya model pembelajaran dengan menggunakan alat peraga buah bonsai dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 14 Padang Aro dalam hal penjumlahan bilangan.

Teks Lengkap:

Hal 169-176

Referensi


Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik. O. 1993. Metode dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Hudoyo, H., 1988. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : DepDikbud.

Lubis, Ahmad Sanusi, 2007, Implementasi Metode Scaffolding dan Kerja Kelompok melalui Pendekatan Konstruksi pada Pembelajaran Matematika Kelas III Jurusan Multimedia SMKN 1 Solok Selatan. Tesis tidak diterbitkan. Program Pasca Sarjana Matematika UNP, Padang.

Marpaung Y, 2001, Prospek Untuk Pembelajaran Matematika Di Indonesia, makalah disampaikan pada Seminar Nasional Realistic Mathematic Education ( RME) di Jurusan matematika FMIPA UNESA, Surabaya.24 Februari.

Mulyasa.2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana, 1995, Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suharta, I Gusti Putu.2001. Matematika Realistik : Apa dan Bagaimana?. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sutrisman Murtadho dan Tambunan,1987 Pengajaran Matematika, Jakarta :

Universitas Terbuka.

Yuwono I, 2001, RME dan Hasil Studi Awal Implementasinya Di SLTP, makalah disampaikan pada Seminar Nasional Realistic Mathematic Education ( RME) di Jurusan matematika FMIPA UNESA, Surabaya.24 Februari.

Techonly13's, 2010. Apakah penggunaan media benda asli dapat meningkatkan prestasi belajar bangun ruang siswa kelas IX SMP Al Muslim Waru Sidoarjo. Http://www Techonly13's Blog.htm. 14 Februari 2010

Techonly13's,2010. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. Http://www. Techonly13's Blog.htm. 13 Maret 2010

http: // www. upaya – meningkatkan –hasil – belajar – bangun – ruang – melalui –pemanfaatan – alat – peraga – bagi – siswa – kelas – v – sdn - progowati-i-kecamatanmungkid - kabupaten - magelang - tahun - pelajaran -20042005.pdf.doc.htm. 6 April 2010

http:// puterakembara. Org / BPP / Makalah2. pdf 29 September 2010

http://www.membuatblog.web.id/2010/06/hakikat-belajar-dan-pembelajaran.html

http://masthoni. wordpress. com / 2009 / 07 / 12 / melihat – kembali -definisi-dan-deskripsi-matematika/

http://joegolan.wordpress.com/2009/04/13/pengertian-belajar/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter