Hubungan Peran Petugas dan Sikap Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Inge Angelia, Edison Edison, Suci Syahril, Sri Handayani, Annisa Novita Sary

Sari


Sampah merupakan permasalahan serius yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Sampah rumah tangga merupakan penyumbang terbanyak dalam persoalan sampah, terutama sampah di perkotaan yang disebabkan adanya kepadatan penduduk. Tujuan penulisan artikel ini untuk melihat hubungan antara peran petugas, sikap dengan perilaku pengelolaan sampah rumah tangga di Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan tipe cross sectional, dengan jumlah responden 100 orang. Variabel penelitian peran petugas, sikap dan perilaku pengelolan sampah. Intrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukan kurang dari separuh masyarakat memiliki perilaku (46%) yang kurang baik didalam pengelolaan sampah rumah tangga. Lebih dari separuh masyarakat mengatakan petugas tidak berperan (54%) dan sikap (5%) yang kurang dalam pengelolaan sampah. adanya hubungan yang bermakna antara peran petugas (p-value 0,005) terhadap perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Tidak ada hubungan bermakna antara sikap (p-value 0,124) terhadap perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga. adanya hubungan yang bermakna antara peran petugas terhadap perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Tidak ada hubungan bermakna antara sikap terhadap perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

Teks Lengkap:

Hal 90-95

Referensi


Sulistyorini, Lilis. 2005. Pengelolaan Sampah Dengan Cara Menjadikan Kompos. Jurnal kesehatan Lingkungan. Vol 2. No. 1. Juli Hal 77-84.

Kumala, Putri Sri, Rizki Aziz dan Fitra Ramadhani. 2012. Analisis Produktivitas Sistem Transportasi Sampah Kota Padang. Jurnal teknik Lingkungan Unand 9 (2): 95-109 Juli.

Morrissey, A.J, J Browne. 2004. Waste Management Models And Their Application To Sustainable Waste Management. Elsevier. Waste managemen 24 hal 29-308.

Laporan Data Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang 2015.

Harsya, Irfan. 2017. Implementasi Peraturan Daerah Nomor 21 tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jom Fisip Volume 4 No. 1 .

Mutmainah, Nurhana. 2015. Evaluasi Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Samah Takakura di Kelurahan Jomblang Kota Semarang Tahun 2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Dwiyanto, Bambang Munas. 2011. Model Peningkatan Partisipasi Masyarakat dan Penguatan Sinergi Dalam Pengelolaan Sampah Perkotaan. Jurnal Ekonomi pembangunan. Volume 12 Nomor 2. Halaman 239-256.

Suryani , Anih Sri. 2014. Peran Bank Sampah Dalam Eektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Jurnal Aspirasi Vol 5 No 1 Juni.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2011. Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni/ed. Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Artiningsih, Ni Momang Ayu. 2008. Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Sabbas, T dkk. 2003. Management Of Municipal Solid Waste incineration residues. Pergamon. Science Direct. Wate management 23 61-88.

N.A, S.S. & Mulasari, S.A., 2017. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pengelolaan Sampah pada Karyawan di Kampus. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), pp.22–27.

Undang-Undang No. 18 Tentang Pengelolaan Sampah. Jakarta 2008.

Yogiswatin, G, W. Kastolani, D.Sungkawa. 2016. Studi Komparasi Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Babakan Dan Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin Kabupeten Cirebon. Antologi Pendidikan Geografi, Volume 4, Nomor 2, Agustus.

Azwar S. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistiyorini, Nur Rahmawati, Rudi Saprudin Darwis, & Arie Surya Gutama. 2017. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurug. Share Social Work Jurnal. Volume 5 Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v2i2.382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.