ANALISIS MERKURI (Hg) PADA URINEE DARI PENGGUNA KRIM PEMUTIH DENGAN UJI REAKSI WARNA

Mega Elfia

Sari


Pengujian Kandungan Merkuri dalam sediaan Kosmetik dengan Spektrofotometer Serapan Atom terhadap 11 merek sampel yang dianalisa semuanya positif mengandung merkuri dengan kadar antar rentang 0,43- 65,01mg/g. Merkuri yang digunakan pada krim pemutih wajah akan terserap melewati kulit muka dan akan ikut mengalir melalui peredaran pembuluh darah. Merkuri yang masuk ke dalam hati terbagi dua, sebagian akan terakumulasi pada ginjal dan selanjutnya akan dikirim ke empedu, kemudian akan di kirim lewat darah dan ginjal. Pada ginjal senyawa merkuri akan terakumulasi pada ginjal dan sebagian lagi akan di buang bersama urine. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya merkuri dalam urine pengguna krim pemutih wajah. Jenis penelitian yang dilakukan secara Uji Reaksi Warna dengan desain penelitian secara deskriptif. Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer, dimana data tersebut didapat dari penyebaran kuesioner sebanyak 30 mahasiswi yang menggunakan krim pemutih wajah dan hasil pemeriksaan laboratorium. Analisis data disajikan dalam bentuk tabel dan dibahas secara deskriptif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tentang identifikasi merkuri pada urine dari pengguna krim pemutih dengan uji reaksi warna terhadap 4 sampel yang diperiksa sampel A, C, dan D positif mengandung merkuri dan sampel B negatif mengandung merkuri.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfian, zul.2006. Merkuri Antara Manfaat dan Penggunaanya Bagi Kesehatandan Lingkungan. Universitas Sumatera Medan (Online)(repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/708/1/08E00123.pdf.

[BPOM RI]Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2009.Keputusa Kepala Badan POM RI No.KH.00.01.43.2503 Tentang KosmetikMengandung Bahan Berbahaya / Bahan Di Larang(Online) http://www.pom.go.id/index.php/home/peingatan_publik/0/01-01-2000/24-10-2012/;/1, diakses 1 november 2014.

Daniaty, Listra. 2014. Identifikasi Merkuri Pada Lotion Yang Beredar Di Pasar Blauran Kota Palangkarya. Program Studi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkarya.

Draelos Zoe Diana, 2005, cosmeceuticals, USA, 215-235.

Dwikarya M, 2003, Merawat Kulit dan Wajah, PT kawan Pustaka, Jakarta.

Gandasoebrata. 2010. Penuntun Laboratorium Klinik. Dian Rakyat. Jakarta.

Gibson, Jhon. 2002. Fisiologis dan Anatomi Modern Untuk Perawat. PenerbitBuku Kedokteran EGC. Jakarta.

Hariyanti, Ningtyas. 2011. Identifikasi Merkuri Pada Krim Pemutih Yang Digunakan Mahasiswi AAK IIIB Analis Kesehatan Fajar Pekanbaru. Program Studi Analis Kesehatan Fajar Pekanbaru.

Kusumadewi. 2002. Perawatan dan Tatarias Wajah Wanita Usia 40. JakartaGramedia Pustaka Utama.

Muliyawan, D.& Suriana, N. 2013.A – Z tentang Kosmetik. Gramedia.Jakarta.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Palar, Heryando. 2008. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Rineka Cipta, Jakarta.

Pearce, Evelyn. 2008. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rianto, S. 2010. Analisis Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Keracuanan Merkuri Pada Penambang Emas Tradisional di Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wenogiri.Disertast tidak’ diterbitkan. Program Universitas di Ponegoro Semarang, Semarang.

Robin, Graham B. 2005. Dermatologi. Catatan kuliah Robin Graham Brown:TonyBurno: Ahli Bahasa, M Aries Zakira:editor Amalia Safitri. Ed. 8. Erlangga,Jakarta.

Sari, Wening, dkk. 2012. Panduan Lengkap KesehatanWanita. Penebar Plus .Jakarta.

Syafnir Livia&Putri Arlina. 2011. Pengujian Kandungan Merkuri Dalam Sediaan Kosmetik Dengan Spektrofotometer Serapan Atom. Program Studi Farmasi Universitas Islam Bandung

Tranggono & Latifah, 2007, Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik,PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Writer, M. 2005. Jangan ke Dokter Lagi. Matabuku Publishing house,Tagelaga – Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v2i3.490

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.