ANALISIS PERENCANAAN CHECK DAM PADA SUNGAI BATANG INDRAPURA KECAMATAN PANCUNG SOAL

Syofyan Z

Sari


Akibat bebasnya penambangan di batang inderapura yang menyebabkan tebing sungai menjadi rawan longsor, sehingga sedimen yang terbawa dan sedimen yang masuk pada aliran Sungai Batang Inderapura menumpuk, dengan jumlah sedimen yang dihasilkan penambangan dan longsoran tebing, maka perlu upaya di bangun bangunan pengendali sedimen (check dam) untuk mengatasi permasalahan penurunan dasar Sungai (degradasi).
Data curah hujan didapatkan dari peta topografi serta stasiun Tapan/Alang Ramba dan stasiun Tapan/Bakir dari tahun 2002 sampai 2011. Dari analisa hidrologi didapat curah hujan rencana (R100th) 327,88 m3/dtk dengan menggunakan metode Polygon Thissen, metode log person III dan log Normal. Debit banjir rencana untuk periode ulang 100 tahun digunakan metode Rasional didapatkan (Q100th) 1666,43 m3/dtk.
Bangunan check dam direncanakan tipe pelimpah (head work) dengan tinggi check dam 4 m. Kemiringan tubuh dibagian hulu 10 : 29, tinggi sub dam 1 m, panjang apron 20 m, tebal lantai apron 2 m, dengan estimasi volume aliran sedimen yang dapat ditampung sebesar 725334 m³ / sekali banjir. Stabilitas konstruksi check dam diperhitungan terhadap guling dengan koefisien keamanan = 1,5 1,2, geser 1,33 1,2, sehingga kontruksi check dam stabil dan dasar sungai stabil terhadap degradasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pratama , dkk,2014,Perancangan Check Dam Premuka Untuk Mengatasi Sedimentasi di Banjir Kanal Barat Kota Semarsng.

Rahayu, dkk,2017,Evaluase pungsi bangunan pengendali sedimen (Check Dam) pengkol berdasarkan perubahan tata guna lahan kali keduang Kabupaten Wonogiri.

Togatorop,2016,Analisis sedimentasi di Check Dam.

Inabah , 2017,Perencanaan Check Dam sebagai pengendali sedimen pada sungai Yeh Mas Desa Tukat sumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali.

Wijayanto,dkk,2014,Perencanaan Bangunan Pengendali Sedimen Daerah aliran Sungai Kreo Kotan Semarang.

Kaharuddin , dkk,2014,Kajian Pengendalian laju sedimen dengan bangunan pengendali di DAS hulu Batang Gadis Propinsi Sumatra Utara.

Maricar dan Lopa,2013,Studi wawasan bangunan pengendali sedimen yang berwawasan Lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i2.598

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.