PELAKSANAAN KEBIJAKAN KAWASAN TANPA ROKOK DI SMPN 07 PEKANBARU TAHUN 2020

Dami Yanthi, Welly Sando, Hayana Hayana

Sari


Kawasan tanpa rokok adalah ruangan atau area yang di nyatakan di larang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan atau mempromosikan produk-produk tembakau. (Permenkes No.188 2011). Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) disekolah bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, mencegah siswa untuk mulai merokok dan menurunkan angka perokok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan kawasan tanpa rokok di SMPN 7 Pekanbaru Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta pedoman wawancara yang mendalam dan observasi. Informan pada penulisan ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 orang informan kunci yaitu Kepala Sekolah, 1 orang informan utama yaitu guru bidang kesiswaan, dan 2 orang informan pendukung yaitu guru konseling dan 1 orang guru bidang kesiswaan. Hasil penelitian yang dilakukan di SPMN 07 Pekanbaru, didapati bahwa di SMPN 07 sudah menerapkan KTR, tapi pelaksanaan nya belum maksimal, dikarenakan masih adanya pelanggaran merokok di area sekolah. Sanksi yang diberikan jika siswa merokok di sekolah juga telah diterapkan oleh SMPN 07. Sosialisasi KTR di SMPN 07 juga telah dilakukan yaitu bekerjasama dengan Puskesmas, Kepolisian dan BNN, namun pelaksanaan sosialisasi ini masih tidak terjadwal. Meskipun kebijakan KTR telah ada namun pelanggaran masih tetap ada, dan disebabkan oleh siswa ataupun staf guru masih kurang kesadaran sehingga masih merokok di lingkungan sekolah. Oleh karena itu perlu adanya pengawasan guru BK dalam meninkatkan kedisplinan terutama dalam pelaksanaan kebijakan KTR ini, melakukan sosialisasi kebijakan KTR dengan rutin dan terjadwal, baik itu secara internal ataupun eksternal. Serta jika ada pelangaran lagi harus ditindaklanjuti dengan penerapan sanksi yang tepat terhadap pelanggaran-pelanggaran KTR tersebut, tidak hanya pada siswa namun juga guru dan pengunjung di lingkungan sekolah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Prabasiwi A, Rima A, Kusnadi. (2017). Perilaku Merokok Guru di Sekolah. Program Studi DIII Farmasi Politeknik Harapan Bersama Tegal, http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/SENIT2017/article/view/570

Maulina A, Suryoputro A,Widjanarko.(2019). Komitmen sekolah dalam penerapan Kawasan Tanpa Rokok di lingkungan sekolah SMP dan MTS Wilayah Berebes Selatan. Jurnal JKK, Volume 6, No. 3, Oktober 2019:46-50

Mumang AA, Amirunddin R, Ansariadi. Studi Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan 2015.

Gultom D. (2018). Konsistensi Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dalam Promosi Kesehatan di SMPK 5 Penabur dan SPMN 25 Jakarta Timur Tahun 2018. https://jurnal.ugm.ac.id/bkm/article/view/42830

Marchel Y. (2019). Implementasi Kawasan Tanpa Rokok Sebagai Pencegahan Merokok pada Remaja awal http://dx.doi.org/10.20473/jpk.V7.I2.2019.144-155

Dewi K, Nuraini F. (2018). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pegawai terhadap Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palembang. Sriwijaya Journal Of Medicine, Volume 1 No. 1, Januari 2018, hal 8-15.

Florenly, Girsang E. (2018). Hubungan Lingkungan Terhadap Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok di SMA Raksana Medan Tahun 2018. Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat, 2018; 3 (2); 99 – 1-6.

Firmansyah, Sudirman, Yusuf H. (2019). Inplementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok Pada Pegawai di Lingkungan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fahmi Palu.

Sandi, Kurnia, (2019). Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Mariso Kota Makasar.

Setyaningsih A, Wahyati E, Widyorini E. (2013). Pelaksanaan Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Sebagai Bagian dari Perilaku Hidup Bersih (PHBS) di Lingkungan Pendidikan. SOEPRA Jurnal Hukum Kesehatan Vol 1, No. 1, Tahun 2015.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i2.625

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.