PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V UPT. SD NEGERI 01 KOTO LAWEH

Marnita. HM Marnita. HM

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Tema Peristiwa Dalam Kehidupan dengan pembelajaran Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk siswa kelas V UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh dengan penerapkan pembelajaran IPS realistik. Desain penelitian ini menggunakan model spiral. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tiap siklus dilakukan dengan Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dalam pembelajaran IPS Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar soal uraian dan lembar observasi siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung persentase ketuntasan belajar siswa. Analisi data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan kegiatan aktivitas siswa dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang semula 72,5% menjadi 92,5% siklus II sehingga siswa dapat mencapai KKM sebesar 71. Sebelum adanya tindakan, siswa yang tuntas hanya 9 siswa atau sebesar 45% pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 siswa atau sebesar 70% dan pada siklus II menunjukkan bahwa 18 siswa atau 90% sudah memenuhi KKM.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandi, Muhammad. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah.Semarang: UNISSULA Press.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

AM, Sardiman dan Lestariningsih, Amuwarni Dwi. 2014. Sejarah Indonesia, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bakar, Rosdiana A. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan. Medan: Gema Ihsani.

Budiyanto, Moch. Agus Krisno. 2015. Sintak 45 Model Pembelajaran dalam StudentCentred Learning. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, Cet. 7.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dediknas.

Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Cet.16.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta:Putaka Pelajar, Cet. V.

Husamah. 2016. Belajar Dan Pembelajaran. Malang: UMM.

Khadijah. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Maryanto, dkk. 2017. Buku Siswa Tema 7: Peristiwa dalam Kehidupan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mukrimaa, Syifa S. 2014. Metode Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Bumi

Siliwangi.

Salim. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media. Salim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka.

Salim dan Khaidir. 2019. Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana (Divisi Prenada Media Group).

Sudjono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suhardjono. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. 3.

Sumantri, Muhammad S. 2015. Pengantar Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Taufiq, Agus., dkk. 2017. Pendidikan Anak di SD. Tangerang Selatan: UniversitasTerbuka.

Wahab, Abdul Aziz., dkk. 2014. Konsep Dasar IPS. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i4.826

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.