PENGGUNAAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUB TEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V-A UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM

Ferawati Ferawati

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum yang dapat dilihat dari hasil ulangan harian jelas bahwa siswa yang memiliki kriteria belum tuntas sebanyak 46,43% sedangkan kriteria tuntas 53,57%. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi hasil belajar siswa kelas V-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum terutama pada pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat Kita Sub Tema Perubahan Lingkungan sangat rendah. Berdasarkan hasil observasi dilakukan hasil belajar rendah diakibatkan karena pembelajaran masih bersifat teacher centered dan belum menggunakan metode yang bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Sub Tema Perubahan Lingkungan dengan menerapkan metode Card Sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas V-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum yang berjumlah 28 siswa. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), obsevasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode card sort pada pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat Kita Sub Tema Perubahan Lingkungan di kelas V-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus I sebesar 71,43% dengan rata-rata nilai 74,82% dan pada siklus II sebesar 89,29% dengan rata-rata nilai 85,54. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 17,86%. Dengan demikian penerapan metode Card Sort mengalami peningkatan pada pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat Kita Sub Tema Perubahan Lingkungan di kelas V-A UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Cet 7, Bandung Alfabeta, 2012

Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar,2005 Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamruni, 2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani

Sanjaya, Wina. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sapriya, 2012. Pendidikan IPS , Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto, 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhuinya, cet 4, Jakarta: Rineka cipta.

Sudjiono, Anas, 2003. Statistik Pendidikan, Jakarta Raja Grafindo Persada

Tusriyanto, 2014 Pembelajaran IPS SD/MI (Kajian Teoritis Dan Praktis),

Warsono dan Hariyanto, 2013. Pembelajaran Aktif Teori Dan Asesmen, Kedua Edition Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wijaya, Candra dan Syahrum. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: citapustaka Media Perintis.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i4.827

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.