PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR (BCB) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I UPT. SD NEGERI 04 BARINGIN

Ernineng Siswati

Sari


Berdasarkan hasil observasi di kelas 1 UPT. SD Negeri 04 Baringin ditemukan bahwa kemampuan membaca siswa masih ada siswa yang kurang mampu membaca kata. Dalam upaya peningkatan keterampilan membaca yang lebih baik peneliti mencoba menerapkan salah satu media pembelajaran yaitu media Buku Cerita Bergambar (BCB). Dengan penggunaan media ini akan membantu siswa lebih mudah dalam membaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penggunaan media Buku Cerita Bergambar (BCB) di kelas 1 UPT. SD Negeri 04 Baringin, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes Membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 76% dan sedikit meningkat pada siklus II menjadi 84% dan sangat baik pada siklus III yaitu 95%. Aktivitas siswa juga meningkat dari 70,7%, pada siklus I menjadi 77,2%, pada siklus II, dan meningkat sangat baik pada siklus III menjadi 93,48%. Sedangkan hasil tes membaca pada siklus I yaitu 60%, meningkat sedikit pada siklus II menjadi 77,1%, dan meningkat sangat baik pada siklus III yaitu 94,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Buku Cerita Bergambar (BCB) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. 2018. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Farida Rahim.2008.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta:Bumi Aksara.

Haryadi dan Zamzami.2007.Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Ritawati, W.(1996).Bahan ajar pendidikan bahasa indonesia di kelas-kelas rendah SD. Padang: IKIP.

Sumadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukardi. (2014). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i4.837

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.