PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PRAJA MUDA KELANA SUB TEMA AKU SUKA BERKARYA PADA SISWA KELAS III-B UPT SD NEGERI 01 LIMO KAUM

Rukmini Rukmini

Sari


Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum pada pembelajaran tematik tema Tema Praja Muda Kelana Sub Tema Aku Suka Berkarya dengan penggunaan metode Snowball Throwing. Salah satu penyebab rendahnya nilai pembelajaran tematik di III-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum adalah kurangnya penggunaan metode lainya selain metode yang sudah dicantumkan didalam buku. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema Tema Praja Muda Kelana Sub Tema Aku Suka Berkarya pada siswa kelas III-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum?. Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Pelaksanaan, melaksanakan pembelajaran pada pembelajaran tematik tema makananku sehat dan bergizi. 3) Observasi, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Refleksi, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode Snowball Throwing saat pembelajaran tematik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat semakin meningkatnya hasil belajar siswa dari setiap siklusnya yaitu siklus I siswa yang tuntas belajar 14 siswa atau 67,65%, dengan nilai rata-rata 75,59. Pada siklus II meningkat menjadi 31 siswa atau 91,18% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 83,82. Nilai akhir hasil belajar siswa siklus I dan siklus II dengan metode Snowball Throwing meningkat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abd, Kadir & Asrohah Hanun.(2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali.

Arikunto, Suharsimi, dkk.(2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri.(2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar.(2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta.(2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, Abdul.(2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, Agnityas Pramudita. (2016). Mengoptimalkan penerapan pendekatan saintifik dalam tema ‘Makananku Sehat dan Bergizi’ untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Getasan. Salatiga:

Rochiati Wiriaatmadja. (2008). Metode Penelitian Tindakan kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi.(2013). Model Pembelajaran Portofolio. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Susanto, Ahmad.(2013). Teori belajar & pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Suwarno, Wiji. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: AR-Ruzz Media Grup.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i4.842

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.