PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGOLAH MAKANAN KONTINENTAL DI SMK NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Juliana Siregar

Sari


Mata pelajaran Mengolah Makanan Kontinental merupakan mata pelajaran yang lebih mengarah kepada pelajaran praktek guna pembentukan keterampilan siswa, sehingga pemanfaatan media sangat mendukung terhadap hasil belajar siswa. Media dalam pembelajaran Mengolah Makanan Kontinenntal tidak dilihat dari segi kecanggihan medianya, tetapi lebih kepada fungsi dan peranannya dalam membantu efektifitas pengajaran. Media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media grafis dan media asli/tiruan, dimana dalam media grafis guru bisa memilih media gambar, chart, poster atau media papan. Begitu juga dengan media asli/tiruan, guru bisa memilih benda sebenarnya sebagai media atau benda tiruan yang menyerupai benda asli.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan informan penelitian, yaitu guru mata pelajaran Mengolah Makanan Kontinental, siswa dan kepala sekolah. Kemudian sebagai data pendukung penulis mendokumentasikan hal-hal yang dianggap mendukung data penelitian. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah panduan observasi, panduan wawancara, pena/pensil dan kamera sebagai alat pendukung. Selanjutnya hasil penelitian dianalisis berdasarkan cara kerja yang dilakukan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian, kemudian verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa guru-guru mata pelajaran Mengolah Makanan Kontinental sudah merencanakan menggunakan media pembelajaran, hal ini dapat dilihat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun oleh guru tersebut. Penggunaan media oleh guru sudah sesuai dengan perencanaan yang sudah disusun sebelumnya. Media papan tulis merupakan media yang paling sering digunakan karena dianggap praktis oleh guru. Sedangkan flip chart merupakan media yang tidak pernah digunakan oleh guru, karena papan flip chart tidak tersedia di sekolah. Penggunaan media pembelajaran oleh guru masih terbatas disebabkan media yang tersedia di sekolah belum memadai.

Teks Lengkap:

Hal 51-57

Referensi


Ahmad, Rohani. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, Mohammad H. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa Bandung.

Azhar, Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Benny Agus Pribadi. 2005. Ragam Media Dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU – PPAI Universitas Terbuka.

Jalius, Ellizar. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran. Padang: UNP Press.

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan, Prasetya. 1999. Logika dan Prosedur Penelitia: Penganntar Teori dan Panduan Praktis Penelitian Sosial bagi Mahasiswa dan Peneliti Pemula. Jakarta: STIA–LAN Press.

Nasution, S. 1995. Metode Research. Bandung: Jemmars bandung.

Sadiman, Arif. 2003. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yusuf, Muri A. 2009. Metodologi Penelitian: UNP Press.




Anda Pengunjung Ke- Flag Counter