ANALISIS KAPASITAS DAN MANAJEMEN RUANG PARKIR RUMAH SAKIT Dr. MUHAMMAD ZEIN KOTA PAINAN

David Juanda Asdar, Surya Eka Priana, Selpa Dewi

Sari


Parkir salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi disetiap instalasi atau pusat perdagangan dan sulit dalam mengatasi dikarenakan sangat membutuhkan tempat yang begitu luas, begitu juga yang terjadi pada perparkiran Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan yang merupakan salah satu pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat kota Painan dan sekitarnya, Sebagai pusat pelayanan yang banyak dikunjungi rumah sakit tersebut memiliki permasalahan dalam hal penyediaan fasilitas parkir. Untuk mengetahui masalah perparkiran tersebut perlu dilakukan penelitian dengan cara melakukan survei pencacahan dilokasi parkir. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas ruang parkir dan manajemen yang didapat dengan meneliti pola masuk dan keluar kendaraan di wilayah parkir Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan. Berdasarkan hasil survei dan pengelolaan data didapat volume kendaraan maksimal sebesar 312 kendaraan yang terjadi pada hari sabtu. Durasi rata – rata di area parkir Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan adalah 47 menit/unit atau 1,27 jam. Dengan Tingkat pergantian kendaraan yang parkir tertinggi di area parkir Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan sebesar 11 putaran dan indeks parkir di Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan pada saat akumulasi maksimum mencapai 142,8% kapasitas parkir di area parkir Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan tidak mampu menampung permintaan parkir karena permintaan kebutuhan ruang parkir tertinggi dilokasi Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan sebanyak 312 kendaraan tidak dapat terpenuhi, karena kapasitas ruang parkir yang tersedia sebesar 28 SRP.

 

Kata kunci : Kapasitas Ruang Parkir, Indeks Parkir, Area Parkir Rumah Sakit


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, A.N dan Idrus, I. (2009). Studi Kebutuhan Ruang Parkir Rumah Sakit Pendidikan Universitas Diponegoro. Semarang.

Departemen Perhubungan. (1996). Keputusan Jenderal Perhubungan Darat Nomor: 273/Hk./Drjd/96 Tentang Pedoman Teknis Penyelengaraan Fasilitas Parkir. Direktur Jendral Perhubungan Darat, Jakarta.

Departemen Perhubungan. (1998). Pedoman Teknis Perencanaan

dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Jakarta.

Hobbs, F.D. (1995). Perencanaan dan Teknis Lalu Lintas, Edisi 2 (Terjemahan) Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Neufert, Ernst. (2002). Data Arsitek. Terjemahan Oleh Dr.Ing Sunarto Tjahjudi dan Dr.Ferryyanto Chaidir. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Roma Putra. (2018). Analisis Kapasitas Ruang Parkir Rumah Sakit Dr. Reksodirwiryo. Padang.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Departemen Perhubungan RI, Indonesia.

Wahyu Oktomi,”Analisa Kebutuhan Kapasitas parkir di Kampus UNISNU JEPARA.

Yermadona, H. (2019). Evaluasi Fasilitas dan Jarak Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum (Tpkpu) Trans Padang. Rang Teknik Journal, 2(1).

Yulianti, R. (2020). Studi Optimalisasi Ruang Parkir Di Jl. Ahmad Yani dan Jl. Ahmad Karim Kota Bukittinggi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter