TINJAUAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PROYEK JALAN KURAI MUDIAK LIKI, KEC. SULIKI

M. Esa, Surya Eka Priana, Deddy Kurniawan

Sari


Alat berat merupakan faktor penting di dalam proyek, terutama proyek-proyek konstruksi dengan skala yang besar. Alat berat yang digunakan dalam ilmu teknik sipil adalah alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan dan diperhitungkan analisa produktifitas alat berat agar penggunaannya lebih efisiensi dari segi waktu dan biaya operasionalnya. Proyek ini berfungsi sebagai bangunan tempat untuk aktifitas perkuliahan dan tanah lokasi proyek memiliki panjang 3.7 km . Jenis alat berat yang digunakan untuk pekerjaan jalan tersebut ialah motor grader, vibrator roller, dump truck, water tank, asphalt finisher, tandem roller, pneumatic tyre roller. Agar memperoleh hasil produksi alat secara optimal perlu dilakukan analisis data untuk mengetahui anggaran biaya yang dikeluarkan sesuai analisa. Dengan demikian kita dapat menganalisa penggunaan alat berat dengan tepat dan memperhitungkan biaya yang diperlukan dalam penggunaan alat tersebut. Perencanaan dengan menggunakan alat berat dipengaruhi oleh pemilihan alat berat, kondisi alat berat, kemampuan operator, situasi dan kondisi medan kerja dilapangan. Berdasarkan hasil perhitungan analisa produktifitas alat berat yang meliputi pekerjaan pekerjaan lapisan pondasi kelas A dan pekerjaan pengaspalan diperoleh hasil penelitian alat berat yang tepat, waktu yang singkat dan dapat digunakan agar seluruh alat berat dapat bekerja optimal.

 

Kata Kunci : Alat berat, efisien, waktu, dan biaya.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abel, Y. (2017), Produktivitas Alat Berat. (Online). (https://www.scribd.com/doc/117752758/Produktivitas-Alat-Berat, diakses pada 21 Agustus 2017).

Indriatma, B dan Prastyanto, I (2005), Analisis Manajemen Alat Berat Pada Pekerjaan Persiapan Proyek Sleman, Tugas Akhir S1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Kusjadmikahadi, R. Amperawan (1999), Studi Keterlambatan Kontraktor Dalam Melaksanakan Proyek Konstruksi di Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta.

Rasyid, R (2008), Analisis Produktivitas Alat-Alat Berat Proyek, Tugas Akhir S1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Rochmanhadi, (1982), Alat-alat Berat dan Penggunaannya, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Santoso, R (2013), Analisis Manajemen Alat Berat Berdasarkan Nilai Biaya dan Waktu Optimal Produktivitas, Tugas Akhir S1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Saputra, H, (2017), Dokumentasi Excavator Catepilllar 304E,Samarinda dan Dokumentasi Dump Truck kapasitas Bak 7m3,Samarinda.

Suryadharma, (1998), Sifat-Sifat Beberapa Macam Tanah, Yogyakarta. Wahyudin, F, (2017), Analisis Pemilihan Kombinasi Alat Berat Pada Pekejaan

Pemindahan Tanah Proyek Pembangunan Rumah Sakit UII, Tugas Akhir S1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia,Yogyakarta.

Surya Eka, P (2019), Alokasi Kebutuhan Alat Berat Pada Proyek Peningkatan Jalan Bandarejo-Koto Tinggi Kabupaten Pasaman Barat

Widodo, Y, (2017), Dokumentasi Wheel Loader Komatsu WA380-3,Samarinda.

Wigroho, Heryanto,Y dan Suryadharma, H, (1998), Alat-Alat Berat Revisi,

Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter