ANALISA STABILITAS TRANSIEN PADA JARINGAN DISTRIBUSI RADIAL IEEE 33 BUS TERHUBUNG DENGAN ENERGI TERBARUKAN (PHOTOVOLTAIC)

Rio Wahyudi, Yulisman Yulisman, Herris Yamashika

Sari


Energi listrik merupakan energi sekunder yang banyak digunakan diberbagai sektor, baik digunakan untuk keperluan rumah tangga maupun keperluan industri. Untuk memenuhi kebutuhan listrik di era ekonomi yang tumbuh sangat pesat ini membutuhkan banyak energi listrik. Oleh karena itu kualitas energi listrik perlu ditingkatkan. Letak pembangkit yang jauh dari beban juga menyebabkan tingginya nilai drop tegangan pada beberapa bus, selain itu juga menyebabkan rugi-rugi daya sistem yang cukup besar.Metode yang bisa digunakan pada penelitian ini dengan memasang teknologi fotovoltaik sebagai distributed generation (DG) atau pembangkit terdistribusi yang memiliki kapasitas daya yang lebih kecil dari pembangkit utama.Dengan adanya DG yang ditempatkan pada ujung beban yang mempunyai kapasitas kecil dapat membantu mengatasi masalah suplai energi listrik. Penggunaan atau penambahan DG dalam sistem disdribusi tentunya memiliki dampak terhadap sistem. Dilihat dari respon frekuensi, tegangan, dan aliran daya  penambahan DG dalam sistem memiliki berbagai macam dampak. Dampak yang ada bergantung pada peletakan DG pada sistem, jumlah beban yang ada, rating DG yang digunakan, dan jenis pembangkit yang digunakan. Tugas akhir ini berfokus pada analisa kestabilan transien pada sistem pada jaringan distribusi IEEE 33 Bus terhubung dengan enegi terbaruan (Photovoltaic).

 

Kata Kunci : Stabilitas Transien, Distributed Generation, Aliran daya


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hertalina, A. H. (2015). Optimasi Kapasitas Dan Peletakan Pembangkit Tersebar Berdasarkan Stabilitas Tegangan Menggunakan HPSO. Laporan Tugas Akhir. Surabaya: Jurusan Teknik Elektro, Universitas Sepuluh November.

Ariyono. (2019). Analisa Teknologi Fotovoltaik Sebagai Distributed Generation (Dg) pada Sistem Distribusi Menggunakan Software Electric Transient And Analysis Program (ETAP). Jurnal Energi Elektrik, Vol.08 (01), hal.11-17.

Jimmy, T. P., Istiqomah, Riki, K., & Agus, D. (2019). Pengaruh Pembangkit Photovoltaic Sebagai Distributed Energy Resour Terhadap Profil Tegangan Dan Rugi-Rugi Daya Pada Penyulang Bantul 05 Yogyakarta. Sains Dan Teknologi, Vol.15 (02), hal.72–84

Lauhil, M. H., Taufik, H., Choirul, S., I Made, W., & Teguh, H. (2017). Pelatihan Software Etap (Electrical Transient Analyzer Program) Bagi Siswa dan Guru SMK Nasional Malang. Industri Inovatif, Vol.7 (1), hal.7 - 11.

Azhar, A. p. (2015). Analisa Kestabilan Transien pada Jaringan Distribusi IEEE 34 Bus Dengan Adanya Pembangkitan Terdistribusi. Tugas Akhir. Surabaya: Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Syafii, & Ricky, M. (2012). Program Aliran Daya untuk Analisis Sistem Distribusi dengan Penambahan Photovoltaic Model. Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol.1 (1), hal.1-10.

Hidayatul, J. (2017). Analisa Kestabilan Transien dan Koordinasi Proteksi pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya 3 Mw yang Terhubung ke Pln 20 kv.Tugas Akhir. Surabaya: Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Afriyastuti, H. (2013).Studi Kestabilan Photovoltaic pada Pembangkit Tersebar BerbasisPembangkit Angin,Photovoltaic dan Pembangkit Diesel Terhadap Gangguan di Sistem Tenaga. Jurnal Amplifier, Vol.3 (1), hal.14-20

Pujo, S. (2014). Analisis Kestabilan Transien Penerapan Distributed Generation Pada Sistem Kelistrikan Wilayah Bengkulu. LaporanSkripsiBengkulu:Program Studi Teknik Elektro,Universitas Bengkulu.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter