ANALISIS PENURUNAN GANGGUAN AKIBAT PETIR PADA TRANSMISI 150 KV PENGHANTAR MANINJAU – SIMPANG EMPAT MENGGUNAKAN DGS (DIRECT GROUNDING SYSTEM)

Muhammad Suheri, Yulisman Yulisman, Mahyessie Kamil

Sari


Energi listrik yang kita rasakan saat ini merupakan energi listrik yang telah melalui proses panjang, yakni dari mulai pembangkitan energi listrik kemudian disalurkan melalui saluran udara tegangan tinggi, lalu sampai dipusat beban dan terakhir didistribusikan ke konsumen/masyarakat. Dalam proses penyaluran energi listrik sistem penyaluran/transmisi memegang peranan penting, untuk penghantar Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV yang menghubungkan Gardu Induk (pusat beban). Dikarenakan beroperasi pada tegangan tinggi tentunya diperlukan tower yang kokoh dan tinggi supaya terhindar dari segala gangguan baik gangguan yang dapat di kontrol maupun gangguan yang tidak dapat dikontrol. Salah satu gangguan Transmisi yang tidak dapat dikontrol adalah gangguan petir. Didalam desain Tower SUTT yang dimiliki PLN saat ini memiliki pengaman dari petir yaitu DGS (Direct Grounding System) yang cukup efektif menurunkan ganguan akibat Petir dikarnakan semenjak pemasangan DGS tersebut ganguan akibat petir dapat di minimalisir.

Kata kunci: Energi listrik, pusat beban, DGS


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nurcahyo, S. 2016, Analisis Pentanahan Kaki Menara Transmisi 150kV. (Skripsi Yang Tidak Dipublikasikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta., 2016)

Reynaldo. Z. 2018. Sistem Proteksi Petir Pada Sistem Tenaga Listrik.Remaja Rosdakarya.Bandung.

Dr. Ir. D. D. Gitokarsono. Konsep Dasar Sistem Penangkal Petir Eksternal & Internal Terintegrasi (Integrated Lightning Protection System-ILPS). Teknik Tegangan dan Arus Tinggi, Elektro ITB.

SKDIR 0520-2.K/DIR/2014, 2014, Buku Pedoman Pemeliharaan Saluran Udara Tegangan TinggiNo dokumen : PDM/STT/10:2014, PT PLN (Persero), Jakarta. Indonesia

Hutauruk. M. 1985. Transmisi Daya Listrik.Erlangga. Jakarta

Tobing, Bonggas, L, 2003, “Peralatan Tegangan Tinggi”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Arismunandar, A., Teknik Tegangan Tinggi, Pradnya Paramita, Jakarta, 200


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter