PEMODELAN PADA BANGUNAN GEDUNG INSTALASI DIAGNOSTIK TERAPHY (IDT) + SHELTER RSUD PARIAMAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) TEKLA STRUCTURES

Muhammad Iqbal Purba, Helga Yermadona, Elfania Bastian

Sari


Building Information Modelling (BIM) merupakan salah satu bentuk digitalisasi dari teknologi informasi di bidang konstruksi. Penggunaan BIM secara maksimal memberikan keuntungan yang sangat besar, walaupun pada tahap awal mengeluarkan modal yang lumayan mahal tetapi sangat relevan dengan hasil yang diperoleh. Tekla Structure adalah salah satuperangkatlunak BIM yang dapat membantu mengatur manajemen proyek dengan lebih baik, dimana pada perangkat lunak ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi BIM lainnya. Penggunaan aplikasi Tekla Structures memungkinkan untuk membuat dan mengelola model 3D yang kompleks berupa penulangan pembesian dan penggunaan beton dan menuntun pengguna mencapai hasil perencanaan yang lebih akurat dan presisi. Penelitian ini dilakukan pada Gedung Instalasi Diagnostik Teraphy (IDT) + Shelter RSUD Pariaman dengan mengumpulkan data berupa gambar kerja Auto-CAD dari konsultan perencana. Kemudian melalui tahap pemodelan 3D dan dianalisis kebutuhan bahan yang akan digunakan dengan menggunakan Tekla Structures. Setelah proses pemodelan maka didapatlah kebutuhan dari pondasi borepile, pilecap, pondasi pelat setempat, lalu 4 jenis kolom utama , 12 jenis balok, dan 3 jenis pelat lantai yang masing-masing terdiri dari 2 lapis tulangan Ø10 dan D12.

Kata Kunci : Building Information Modelling (BIM), 3D, Gedung InstalasioDiagnostikTeraphy(IDT) + Shelter RSUD Pariaman


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anindhita, R. (2010). Studi Literatur Tentang Program Bantu Autodesk Revit Structure (skripsi). Surabaya: Program Sarjana, Institur Teknologi Sepuluh November.

Cinthia Ayu Berlian, R. (2016). Perbandingan Efisiensi Waktu, Biaya dan Sumber Daya Manusia Antara Metode BIM dan Konvensional. Jurnal Karya Teknik Sipil, 220-229.

Garber, R. (2014). BIM Design : Releasing the Creative Potential of Building Information Modeling. Wiley Publishing.

Hardin, B. (2009). BIM and construction management. Indianapolis: Wiley Publishing, IN.

Hergunsel. (2011). Benefits of Building Information Modeling for Construction Managers and BIM Based Scheduling [Thesis]. Massachusetts: Worcester Polytechnic Institute.

Kymmel, W. (2008). Building Information Modeling: Planning and Managing Project with 4D CAD and Stimulations. USA: McGraw Hill Construction.

Nalwan, A. (1998). Pemrograman Animasi dan Game Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ramadiapriani, R. (2012). Aplikasi Building Information Modelin (BIM) Menggunakan Software Tekla Structure Pada Konstruksi Gedung Kuliah Tiga Lantai FAHUTAN IPB, Bogor. Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Saputri, F. (2012). Penerapan Building Information Modeling (BIM) pada Pembangunan Struktur Gedung Perpustakaan IPB menggunakan Software Tekla Structure 17. Bogor: Program Sarjana, Institut Pertanian Bogor.

Tekla Structures. 2019. https://www.tekla.com/id/produk/tekla-structures. 24 Juni 2021


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter