ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR DI KANTOR BALAIKOTA PADANG PANJANG

Fardilla Aini, Ishak Ishak, Yorizal Putra

Sari


Masalah yang biasa terjadi di kota besar, daerah wisata atau suatu pusat kegiatan adalah kebutuhan ruang parkir. Kekurangan area parkir akan berdampak kepada terganggunya sistem jaringan transportasi terlebih lagi parkir merupakan bagian dari sistem transportasi itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi  permasalahan perparkiran di Kantor Balaikota Padang Panjang, mengetahui karakteristik parkir di Kantor Balaikota Padang Panjang, dan mengetahui besar kapasitas statis dan kapasitas dinamis ruang parkir Kantor Balaikota Padang Panjang.  Sehingga dapat mengetahui berapa besar kekurangan dari lahan parkir pada Balaikota Padang Panjang. Setelah dilakukan perhitungan dengan pendekatan Rumus Z Ruang parkir yang dibutuhkan yaitu sebesar 642 SRP, maka ruang parkir sepeda motor tidak memenuhi kebutuhan karena ruang Parkir yang tersedia hanya 213 SRP. Begitu juga dengan ruang parkir untuk mobil diperoleh sebesar 168 SRP, maka ruang parkir Mobil tidak memenuhi kebutuhan karena ruang Parkir yang tersedia hanya 33 SRP.

Kata kunci: Ruang Parkir, Balaikota

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asdar, David Juanda., Priana, Surya Eka., Dewi, Selpa. (2022). Analisis Kapasitas dan Manajemen Ruang Parkir Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan. Jurnal Ensiklopedia Research and Community Service Review, Vol.1 (2), hal 13-19.

Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Jakarta

Devi, Suheriah Mulia,. Hendriyani, Irna,. Hariyanti Nova (2016). Analisis Kebutuhan Lahan Parkir Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Balikpapan. Jurnal TRANSUKMA. Vol 2.

Fahmi, H. (2019). Analisa Penataan Lahan Parkir Di Bank Rakyat Indonesia Arivai. Tugas Akhir. Palembang: Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Fazila Dwi Amanda. (2021). Analisis Karakteristik Parkir Kendaraan Bermotor di Kawasan Plaza Ramayana Kota Bukittinggi. Laporan Skripsi. Bukittinggi: Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Junaidi. (2017). Tinjauan Kapasitas Parkir Terhadap Volume Parkir Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat – Meulaboh. Tugas Akhir. Alue Peunyareng – Meulaboh: Program Studi Teknik Sipil, Universitas Teuku Umar.

Nugrogo, Martinus Ari Agung. (2007). Analisis Kapasitas Ruang Parkir Off Street Sepeda Motor Pada Swalayan Setiabudi Semarang. Skripsi. Semarang; Program Studi Teknik Sipil, Universitas Negeri Semarang.

Padangpanjangkota.bps.go.id.(2022). Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang-Kota Padang Panjang Dalam Angka 2020. Diakses pada 02 Juli 2022 dari https://padangpanjangkota.bps.go.id/publication/2020/04/27/6cd90d9499981adbe57f45bc/kota-padang-panjang-dalam-angka-2020.html

Padangpanjangkota.bps.go.id.(2018-2020). Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang-Jumlah Penduduk Kota Padang Panjang Menurut Kelurahan dam Jenis Kelamin (Jiwa). Diakses pada 02 Juli 2022 dari

https://padangpanjangkota.bps.go.id/indicator/12/78/1/jumlah-penduduk-kota-padang-panjang-menurut-kelurahan-dan-jenis-kelamin.html


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter