ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: JALAN SIDANG TANGAH KM12, KECAMATAN MATUR KABUPATEN AGAM)

Rahma Yanti, Dedi Kurniawan

Sari


Tingkat mobilitas yang tinggi menyebabkan meningkatnya kebutuhan terhadap sarana transportasi yang ekonomis dan yang dapat dihandalkan. Pada jalan Sidang Tangah KM 12 Kecamatan Matur Kabupaten Agam dapat kita jumpai kerusakan badan jalan yang cukup parah yaitu tidak ratanya permukaan jalan dan jalan berlubang sehingga sering terjadi kecelakaan. Menurut data dari Polres Agam, diperoleh informasi bahwa dalam lima tahun terakhir terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kerugian harta benda sampai kehilangan nyawa. Dengan kondisi tersebut diperlukan upaya untuk mengetahui faktor faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas dan upaya penanganan untuk mengurangi peristiwa kecelakaan. Langkah awal yang dilakukan adalah pencarian data primer yang dilakukan survey lapangan untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Data sekunder didapat dari Polres Agam yaitu data jumlah kecelakaan tahun 2017-2021. Dari hasil analisis faktor-faktor penyebab kecelakaan diperoleh faktor manusia dalam kategori tertinggi dengan persentase rata-rata 56%. Dan dari hasil korelasi didapat jumlah korban yang diakibatkan oleh faktor manusia berkorelasi sangat kuat dengan nilai korelasi (r) 0.913, Dari hasil korelasi faktor kendaraan didapat nilai interpretasinya kuat yaitu (r) 0,612, Dari hasil korelasi faktor jalan didapat nilai interpretasinya kuat yaitu (r) 0,645, Dari hasil korelasi faktor lingkungan didapat nilai interpretasinya kuat yaitu (r) 0,667. Saran dari penelitian ini adalah dilakukan penanganan dan kesadaran manusia sebagai pengemudi maupun pejalan kaki perlu ditingkatkan.

 

Kata kunci: kecelakaan lalu lintas, faktor kecelakaan dan korelasi

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, N., & Andarini, D. (2022). Analisis Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Karakteristik Kecelakaan di Wilayah Kota Palembang Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Ari Wibowo, W. (2010). Analisa Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Utama di Wilayah Kabupaten Sragen Tahun 2002-2006 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Enggarsasi, U., & Sa'diyah, N. K. (2017). Kajian terhadap faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dalam upaya perbaikan pencegahan kecelakaan lalu lintas. Perspektif, 22(3), 238-247.

Feryanti, I. K., & Mulyono, G. S. (2019). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Indriastuti, A. K., Fauziah, Y., & Priyanto, E. (2012). Karakteristik Kecelakaan dan Audit Keselamatan Jalan pada Ruas Ahmad Yani Surabaya. Rekayasa Sipil, 5(1), 40-50.

Jannah, R. L., Yermadona, H., & Dewi, S. (2022). Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metoda Bina Marga Dan Pavement Condition Index (PCI)(Studi kasus: Jl. Lintas Sumatera Km 203-213). Ensiklopedia Research and Community Service Review, 1(2), 114-122.

Manggala, R., Purwanto, D., & Indriastuti, A. K. (2016). Studi kasus faktor penyebab kecelakaan lalu lintas pada tikungan tajam. Jurnal Karya Teknik Sipil, 4(4), 462-470.

Jannah, R. L., Yermadona, H., & Dewi, S. (2022). Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metoda Bina Marga Dan Pavement Condition Index (PCI)(Studi kasus: Jl. Lintas Sumatera Km 203-213). Ensiklopedia Research and Community Service Review, 1(2), 114-122.

Sekar, A. N. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas (Jalan Muhammad Yamin, Simpang Pakan Selasa, Kota Payakumbuh) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat).

Yumei, G. S. B. M. M. (2014). Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Dan Lokasi Black Spot Di Kab. Cilacap. Jurnal Teknik Sipil, 12(4).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter