PERENCANAAN PEMBANGUNAN KANTOR WALI NAGARI SUAYAN KECAMATAN AKABILURU KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

Ulul Azmi, Masril Masril, Ana Susanti Yusman

Sari


Pembangunan dalam segala aspek kehidupan sedang giat-giatnya dilakukan oleh pemerintah pada saat ini,mulai dari pemerintahan terendah yang disebut desa ataupun nagari, daerah sampai pemerintahan pusat.skala nasional dan internasional. Pembangunan desa atau nagari merupakan bagian dari pembangunan nasional, yang di ikuti dengan undang-undang desa no 6 tentang dana desa.Program pembangunan dalam bidang infrastruktur merpakan salah satu yang menjadi agenda pokok pembangunan nasional, namun masih ada hambatan yang mempengaruhi pembangunan infrastruktur. Khusus di nagari suayan kecamatan akabiluru kabupaten limapuluh kota boleh dikatakan pembangunan infrastruktur yang ada tidak mempunyai Data dan informasi yang jelas dan pasti, salah satunya adalah PEMBANGUNAN KANTOR WALI NAGARI SUAYAN yang masih di kerjakan berdasarkan swadaya tanpa adanya perencanaan yang tertulis,hitung-hitung yang jelas, karena bangunan ini masih dalam proses pengerjaan penulis merasa ini patut dan segera di buatkan Perencanaan struktur detailnya agar tujuan dari pembangunan kantor ini bisa tercapai baik dari sisi ketahanan atau kualitas dan dari ssi kindahan serta kenyamanan dan keamanan sewaktu bangunan ini di gunakan untuk pelayanan masyarakat banyak.

Pembangunankantor Wali Nagari ini berada di Nagari Suayan Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Pada perencanaan struktur bangunan penulis menggunakan metode kualitatif dan di bantu dengan aplikasi SAP2000. Perencanaan dimulai dengan melakukan perhitungan struktur atas dan perhitungan sturktur bawah.

Tujuan perencanaan ini di antaranya Menghitung Balok, Kolom, Pelat dan Beban  pada proyek pembangunan Kantor Wali Nagari Suayan Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota, dan Mengunakan teori perencanaan gedung bertingkat dengan struktur beton bertulang.

Sedangakan manfaatnya : Dapat mengetahui dan memahami betapa penting suatu tahapan perhitungan struktur pada proyek, dapat memahami langkah-langkah yang bisa diambil oleh penyedia jasa konstruksi agar lebih teliti dalam perhitungan struktur bangunan, dan dapat berguna untuk penerus yang akan datang.

 

Kata Kunci : Perencanaan Pembangunan dilakukan secara teknik dan struktur yang pasti.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bowles, J. (1993). analisa daya dukung tanah dan penurunan pondasi. forum profesional Teknik Sipil, 89-95.

Dipohusodo, I. (1999). Struktur Beton Bertulang. Jakarta.

Hariono. (2008). Teknik Struktur Bangunan. Direktorat pembinaan sekolah kejuruan.

Isneini, M. (2009). Kerusakan dan perkuatan Struktur beton bertulang. Jurnal Teknik Sipil.

Krisnamurti, K. K. (2013). Pengaruh variasi bentuk prnsmpsng kolom terhadap perilaku elemen struktur akibat beban gempa. Rekayasa Sipil, 13-27.

Kusuma, V. (2018). Metode pelaksanaan Struktur Pelat Lantai, Pada Proyek Pembangunan Gedung. Politeknik Negri Manado.

Limbongan, S. S. (2016). Analisis Struktur Beton Bertulang Kolom Pipih pada Gedung Bertingkat. Jurnal sipil Statik.

Masril, S. M. (2013). Analisis perilaku struktur atas gedung asrama pusdiklat IPDN Baso Bukittinggi. Rang Journal Vol.2, 1.

Mulyono. (2013). Penerapan Manajemen Mutu Pada Proses Pembangunan Struktur Beton Gedung Di Surakarta. Jurnal Teknik Sipil dadn Arsitektur, 13-17.

Nawy. (1998). Peninjauan Struktur Kolom Gedung Sekolah. Phd Thesis Undip.

Nugroho, F. (2017). Pengaruh Dinding Geser Terhadap Perencanaan Kolom Dan Balok Bangunan Gedung Beton Bertulang. Jurnal Momentum ISSN 1693 - 752X 19.1.

Sianturi, N. (2017). Tinjauan Penggunaaan Balok Pracetak Pada Pembangunan Gedung. Jurnal Rancang Sipil, 6-11.

Sintyawati, L. W. (2018). Studi perencanaan struktur pondasi tiang pancang gedung fakultas syariah IAIn Ponorogo. Jurnal Manajemen Teknologo dan teknik Sipil, 227-237.

SNI. (1989). Nilai Slump untuk berbagai pekerjaan beton.

SNI. (1990). Perbandingan kuat tekan beton pada berbagai umur.

SNI. (2002). Satuan dan benda uji beton .


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter