PERENCANAAN SISTEM JARINGAN PIPA TRANSMISI UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATN HARAU KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

Novriardi Novriardi, Deddy Kurniawan

Sari


Kecamatan Harau yang tengah berkembang dan menjadi ibu kota Kabupaten Limapuluh Kota, semakin banyak membutuhkan air seiring perkembangannya yaitu khususnya air bersih. Dengan bertambahnya insfrastruktur di Kecamatan Harau maka sudah pasti untuk beberapa tahun kedepan Kecamatan Harau akan membutuhkan air bersih yang lebih banyak lagi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis ketersedian air bersih di wilayah Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Analisis dilakukan pada sumber air Batu Malanca,Ulu Sungan dan Sarah air luluh Harau selain itu dalam penelitian ini juga akan dilakukan evaluasi terhadap Kapasitas Reservoir. Penelitian ini menggunakan rumus formula Hazen Wiliams. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan jumlah kebutuhan air bersih pada daerah Kecamatan Harau yaitu 111,5 L/dt sedangkan debit yang tersedia yaitu 60 l/dt. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sumber air yang tersedia saat ini tidak mampu lagi untuk memenuhi kebutuhan penduduk sampai tahun 2029. Dari perhitungan proyeksi tahun rencana, tambahan kapasitas air bersih sebesar 40 l/dt dan tambahan reservoir 400 m3 diameter pipa yang direncanakan Ø 250 mm sepanjang 1600 Meter. dan Sumber air baku yang direncanakan dari Lubuak Sati Harau

Kata Kunci : Air Bersih, reservoir


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARIEF, B. (2020). Pembuatan alat uji rugi – rugi aliran dalam pipa sirkulasi tertutup secara

horizontal (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat).

Agung, A. (2021). Sisitem operasi dan pemeliharaan Instalasi Pengolahan air IKK Jatinom PDAM Tirta Merapi Kab Klaten dalam penirunan kadar Fe dan Mn (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma Klaten).

Astari, S., & Iqbal, R. Kehandalan saringan pasir lambat dalam pengolahan air reliaty of slow sand filter for water treatment.

Bless, D. P. D. Analisis peran serta masyarakat dalam pengelolaan penyedian air bersih distrik Abepura.

Bhagaskoro, R. G. E. (2016). Kajian ketersediaan dan kebutuhan air minum untuk masyarakat Kabupaten Purworejo (Doctoral dissertation, Universitas pGadjah Mada).

Dewi, S. (2018). Menentukan Distribusi Representatif Frequensi Curahan Hujan Harian Maksimum Dengan Metodehistogram Dan Metode Parametik Di Provinsi Sumatera Barat. Rang Teknik Journal, 1(1).

Juvano, R. A., Yermadona, H., & Yusman, A. S. (2022). Tinjauan perencanaan jaringan perpipaan distribusi air bersih di Kenagarian Taram Kecamatan Harau. Ensiklopedia Research and Community Service Review, 1(2), 147-153.

Kurniawan, N., Dedy Wahyudi, S. T., & Terguh Putranto, S. T. (2015). Studi pemodelan posisi pipa gas buang bawah air pada kapal patroli 60M (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Marta, A., Yusman, A. S., & Harahap, R. (2021). Kebutuhan air minum Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Akselerasi, 2(2).

Nasution, Agustina, Denny Helard, and Shinta Indah. "Kajian Kinerja Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Solok dan Kota Solok Berbasis Buku Kinerja Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum." CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education) 8.3 (2021): 213-228.

Nasution, A., Helard, D., & Indah, S. (2021). Kajian Kinerja Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Solok dan Kota Solok Berbasis Buku Kinerja Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 8(3), 213-228.

Yusman, A. S. (2018). Aplikasi Metode Normal Ratio dan Inversed Square Distance untuk Melengkapi Data Curah Hujan Kota Padang yang Hilang. Menara Ilmu, 12(9).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter