OPTIMALISASI RUANG PARKIR PUSAT KULINER SIMPANG KINOL (Studi Kasus JL. Niaga Kota Padang)

Azmawar Rahmadanil, Ishak Ishak, Selpa Dewi

Sari


Parkir di badan jalan menjadi masalah yang berlarut di Kota Padang, khususnya di kawasan Simpang Kinol Jalan Niaga. Meningkatnya kebutuhan akan ruang parkir yang tidak selaras dengan ketersediaan ruang parkir akan menimbulkan masalah lalu lintas seperti kemacetan arus lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, dan penurunan kualitas pelayanan jalan. Oleh karena itu diperlukan perencanaan ruang parkir yang baik di area perkotaan dengan tingkat pengunjung yang tinggi seperti dijalan Niaga, Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan ruang parkir, jumlah kendaraan yang parkir dan pemanfaatan ruang parkir dijalan Niaga .Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, yang survei secara visual.Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai akumulasi parkir mobil dijalan Niaga terbesar yaitu sebanyak 363 kendaraan, untuk persentase penggunaan ruang parkir kendaraan roda empat dijalan Niaga pada hari Senin dan Selasa melebihi 100%, sedangkan untuk kendaraan roda dua akumulasi parkir terbesar yaitu sebanyak 116 kendaraan, untuk persentase penggunaan ruang parkir kendaraan roda dua dijalan Niaga pada hari Senin dan Selasa tidak melebihi 100% dikarenakan kendaraan roda dua di alih parkirkan ke jalan Imam Bonjol. Dapat disimpulkan apabila indeks parkirnya lebih dari 100% maka ruang parkir yang tersedia kurang efisien menampung kendaraan yang parkir.Sebaiknya untuk mendapatkan kapasitas parkir yang dibutuhkan untuk kendaraan mobil dengan cara merubah parkiran sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil agar dapat memenuhi kapasitas ruang parkir untuk mobil.

 Kata kunci :Parkir, ruang parkir, optimalisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abubakar, Iskandar. 2011. Parkir; Pengantar Perencanaan dan Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta : Transindo Gastama Media.

Abubakar Iskandar. dkk, (1998) Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir.

Amanda, F. D., Masril, M., & Dewi, S. (2021). Analisis Karakteristik Parkir Kendaraan Bermotor Di Kawasan Plaza Ramayana Kota Bukittinggi. Ensiklopedia Research and Community Service Review, 1(1), 12-19.

Banioni Frangky. (2016) Perhitungan Analisis Parkir On Street, diakses 12 September 2020

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Parkir, diakses 25 Juni 2020

http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/7236/BAB%20V.pdf?sequence=9&isAllowed=y, diakses 12 September 2020.

Mariani, Since dan Irdayanti B.2010. Karakteristik Kebutuhan Parkir Pada Hotel Bintang Tiga di Makassar. Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Makassar.

Messah, Y .A, dkk.2012.Analisis Kebutuhan Lahan Parkir di Rumah Sakit Umum Daerah Prof.Dr.W.Z Johannes Kupang.Jurnal Teknik sipil. Vol 1 No 4 : Fakultas Teknik Sipil Undana.

Nugroho, M.A. (2007) Analisis Kapasitas Ruang Parkir Off Street Sepeda Motor Ada Swalayan Setiabudi Semarang. Skripsi. Semarang: Program Studi Teknik Sipil, Universitas Negeri Semarang..

Rachman Farisal. (2011) Analisis Kapasitas Ruang Parkir Sepeda Motor Kawasan FIP, FE, FIS, dan FH.Skripsi. Semarang: Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Semarang

Suweda, I.W , dkk.2008. Analisis Karakteristik dan Permodelan Kebutuhan Parkir Pada Pusat Perbelanjaan di Kota Denpasar.Jurnal Ilmiah Teknik Sipil: Denpasar

Todd Litman, Transportasi Elasticities : How Prices and Other Factor Affect Travel Behavior, Victoria Tranport Policy Institute, Victoria (2010).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter