ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DI JALAN LINTAS SUMATERA MUARA MANGGUNG KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN

Muhammad Naufal, Helga Yermadona, Ana Susanti Yusman

Sari


Kecelakaan merupakan tindakan yang tidak direncanakan dan tidak terkendali, ketika aksi dan reaksi objek, bahan, atau radiasi menyebabkan cedera atau kemungkinan cidera heinrich  Kecelakaan tidak terjadi begitu saja, melainkan ada penyebab nya, karena kecelakaan harus di analisa dan ditemukan,agar tindakan korektif kepada penyebab itu dapat dicegah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya suatu kecelakaan di di jalan lintas sumatera muara manggung kecamatan lubuk sikaping kabupaten pasaman

. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan cara melakukan pengambilan data kecelakaan lima tahun terakhir dan meninjau langsung serta mengamati lokasi. Hasil penelitian dimulai dari analisis data secara primer dengan mengamati langsung kondisi jalan, kelengkapan rambu jalan, dan kerusakan jalan. Data sekunder juga dilakukan dengan meminta data kecelakaan pada instansi terkait.Kesimpulan penelitian ini kecelakaan dapat disebabkan oleh kelalaian manusia, kurangnya rambu jalan,kerusakan pada jalan, maupun kendaraan.

 

Kata kunci :Jalan, Kecelakaan, Kendaraan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, N., & Andarini, D. (2022). Analisis Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Karakteristik Kecelakaan di Wilayah Kota Palembang Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Ari Wibowo, W. (2010). Analisa Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Utama di Wilayah Kabupaten Sragen Tahun 2002-2006 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Enggarsasi, U., & Sa'diyah, N. K. (2017). Kajian terhadap faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dalam upaya perbaikan pencegahan kecelakaan lalu lintas. Perspektif, 22(3), 238-247.

Fasiech, A. (2020). Analisis Karaktersistik Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan DAERAH Rawan Kecelakaan Di Jalan Tol Surabaya–Manyar, Jawa Timur (Doctoral dissertation, universitas 17 agustus 1945).

Feryanti, I. K., & Mulyono, G. S. (2019). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Indriastuti, A. K., Fauziah, Y., & Priyanto, E. (2012). Karakteristik Kecelakaan dan Audit Keselamatan Jalan pada Ruas Ahmad Yani Surabaya. Rekayasa Sipil, 5(1), 40-50.

Manggala, R., Purwanto, D., & Indriastuti, A. K. (2016). Studi kasus faktor penyebab kecelakaan lalu lintas pada tikungan tajam. Jurnal Karya Teknik Sipil, 4(4), 462-470.

Yermadona, H., & Meilisa, M. (2020). Pengaruh Aktivitas Pasar Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Pasar Baso Kabupaten Agam). Rang Teknik Journal, 3(1), 75_82


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter