EVALUASI STRUKTUR GEDUNG SDN 07/10 PARAK JUAR KECAMATAN LIMA KAUM KABUPATEN TANAH DATAR

Febri Tri Anggara Putra, Masril Masril, Ana Susanti Yusman

Sari


Gedung SD N 07/10 yang terletak di Parak Juar Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar menjadi sorotan untuk saya yang akan melakukan penelitian yang berkaitan dengan bangunan gedung yang sudah lebih dari 10 tahun. Tujuan saya untuk meninjau atau mengevaluasi bangunan gedung serta menghitung ulang struktur bangunan. Adapun manfaat dari penelitian saya ini di antaranya: Penulis dapat mengetahui cara menganalisis struktur beton bertulang pada gedung bertingkat, Penulis bisa menambah pengetahuan dan wawasan dalam perencanaan struktur beton bertulang pada struktur gedung yang bisa tahan terhadap beban gempa, dan Penulis bisa mempraktekan ilmu yang dipelajari dengan menerapkan aspek perencanaan gedung bertingkat dengan struktur beton bertulang. Pada penelitian ini saya mengunakan metode kuantitatif dimana metode ini sangat berguna untuk melakukan perhitungan terhadap struktur bangunan.

Pada perhitungan terhadap struktur saya menggunakan aplikasi SAP2000, dimana dengan bantuan aplikasi ini pekerjaan saya dapat dipermudah dan dipercepat. Terdapat beberapa struktur yang saya lakukan dalam perhitungan ulang diantaranya perhitungan terhadap kolom, perhitungan struktur balik, perhitungan struktur pelat lantai dsan perhitungan pondasi.

Perkuatan struktur merupakan tata cara yang di maanfaatkan buat menaikkan tingkatan daya dan daya tahan pada bentuk batu dampak bobot external ataupun bobot hidup ( life load) ataupun bobot bentuk itu sendiri ataupun bobot mati ( dead load).Sebutan perkuatan bentuk banyak diketahui dalam bumi arsitektur, spesialnya dalam koreksi ataupun penyempuraan sesuatu gedung. Perkuatan struktur. Perkuatan bentuk dicoba buat menaikkan daya gedung asal dalam menahan bobot. Dengan adanya tuntutan bahwa bangunan yang sudah batas usia 10 tahun , maka perlu adanya penanganan terhadap analisis perkuatan strukturnya, dengan menggunakan bantuan SAP2000. Cara ini dilakukan karna lebih efektif baik dari segi waktu maupun segi biaya.

Kata Kunci : Melakukan peninjaan ulang struktur dengan menggunakan aplikasi SAP2000.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Z. S. (2016). Analisa Struktur Gedung POP Hotel terhadap beban gempa dengan metode pushover analysis. Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain , 427-440.

Bagas, H. (2006). Evaluasi Kinerja Gedung Beton Bertulang Tahan Gempa dengan Pushover Analysis . Jurnal Teknik Sipil, 41-52.

Bowles, J. (1993). analisa daya dukung tanah dan penurunan pondasi. forum profesional Teknik Sipil, 89-95.

Dipohusodo, I. (1999). Struktur Beton Bertulang. Jakarta.

Hariono. (2008). Teknik Struktur Bangunan. Direktorat pembinaan sekolah kejuruan.

Isneini, M. (2009). Kerusakan dan perkuatan Struktur beton bertulang. Jurnal Teknik Sipil.

Krisnamurti, K. K. (2013). Pengaruh variasi bentuk prnsmpsng kolom terhadap perilaku elemen struktur akibat beban gempa. Rekayasa Sipil, 13-27.

Kusuma, V. (2018). Metode pelaksanaan Struktur Pelat Lantai, Pada Proyek Pembangunan Gedung. Politeknik Negri Manado.

Limbongan, S. S. (2016). Analisis Struktur Beton Bertulang Kolom Pipih pada Gedung Bertingkat. Jurnal sipil Statik.

Masril, S. M. (2013). Analisis perilaku struktur atas gedung asrama pusdiklat IPDN Baso Bukittinggi. Rang Journal Vol.2, 1.

Mulyono. (2013). Penerapan Manajemen Mutu Pada Proses Pembangunan Struktur Beton Gedung Di Surakarta. Jurnal Teknik Sipil dadn Arsitektur, 13-17.

Nawy. (1998). Peninjauan Struktur Kolom Gedung Sekolah. Phd Thesis Undip.

Nugroho, F. (2017). Pengaruh Dinding Geser Terhadap Perencanaan Kolom Dan Balok Bangunan Gedung Beton Bertulang. Jurnal Momentum ISSN 1693 - 752X 19.1.

Sianturi, N. (2017). Tinjauan Penggunaaan Balok Pracetak Pada Pembangunan Gedung. Jurnal Rancang Sipil, 6-11.

Sintyawati, L. W. (2018). Studi perencanaan struktur pondasi tiang pancang gedung fakultas syariah IAIn Ponorogo. Jurnal Manajemen Teknologo dan teknik Sipil, 227-237.

SNI. (1989). Nilai Slump untuk berbagai pekerjaan beton.

SNI. (1990). Perbandingan kuat tekan beton pada berbagai umur.

SNI. (2002). Satuan dan benda uji beton .


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter