RANCANG BANGUN PENERANGAN JALAN UMUM TENAGA SURYA SISTEM KOMUNAL UNTUK JALAN LINGKUNG DESA SIMPANG KURAI TAJI

A.E Restu Anugrah Atmanegara

Sari


PJU-TS (Penerangan Lampu Tenaga Surya) Tenaga surya merupakan PJU-TS dimana daya listriknya untuk lampu disubplay oleh sistem mandiri yang diperoleh dari energi matahari.Rancangan ini berjutujuan untuk mendiskripsikan rancangan PJU-TS berbasis Tenaga surya dan LED,dengan daya tahan modul solar panel dan LED bersifat mandiri tanpa jaringan tenaga listrik dan spesifikasi penerangan yang digunakan pada rancang PJU-TS jalan lingkung desa kurai taji pariaman kecamatan pariaman kota pariaman dengan mengunakan sistem komunal dan hasil yang diperolelh adalah sistem telah mampu bekerja dan menjalakan fungsinya dengan baik dan sesuai yang diharapkan dan langkah pemasangan yang berdasarkan prosedur dan matahari menjadi satu-satunya sumber energi pada PJU-TS tersebut .

 

Kata Kunci: Rancang Bangun PJU-TS Sistem Komunal untuk Jalan Lingkung Desa Simpang Kurai Taji Kecamatan Pariaman Kota Pariaman .


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azmal Harun Arrasyid, Didik Notosoedjono, Hasto Subagya. 2016. Analisis Perencanaan Penerangan Jalan Umum Dan Lampu Taman Berbasis Photovoltaik di Universitas Pakuan Bogor. Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Pakuan.

Departemen Teknik Elektro Universitas Sumatera Utara SNI 7391:2008 tentang Spesifikasi penerangan jalan di kawasan perkotaan.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1992. Spesifikasi Lampu Penerangan Jalan Perkotaan Jakarta.

PERMEN PU No.16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol.

Putri Sundari, Niar Suwiarti, S., Amma Muliya, R., & Toto Wardoyo. 2018. Proposal Instalasi Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. Fakultas Teknik Mesin & Dirgantara-Institut Teknologi Bandung.

Raymond Simanjorang.Merencanakan PJU-TS Tenaga Surya. PT Hexamitra Daya Prima.

SNI 7391:2008 tentang Spesifikasi penerangan jalan di kawasan perkotaan. Undang-undang Nomor 26 tahun 1985.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter