ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DAN AUDIT KESELAMATAN JALAN RAYA BUKITTINGGI-MEDAN KM 65 KUMPULAN KABUPATEN PASAMAN

Herfando Herfando, Deddy Kurniawan, Selpa Dewi

Sari


Pada jalan raya Bukittinggi-Medan KM 65, Kumpulan Kabupaten Pasaman dapat kita jumpai kerusakan badan jalan yang cukup parah yaitu tidak ratanya permukaaan jalan, dan jalan yang berlubang sehingga terjadinya kecelakaan. Menurut data dari Kapolres Pasaman diperoleh informasi bahwa dalam 5 tahun terakhir terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan kerugian harta benda sampai kehilangan nyawa manusia. Dengan kondisi tersebut diperlukan upaya untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas dan upaya penanganan untuk mengurangi peristiwa kecelakaan. Langkah awal yang dilakukan adalah pencarian data primer yang dilakukan survey lapangan untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Data sekunder yang didapat dari Kapolres Pasaman yaitu dari data jumlah kecelakaan tahun 2017-2021. Dari hasil analisis faktor-faktor penyebab kecelakaan diperoleh oleh faktor manusia dan faktor jalan dalam kategori tertinggi dengan persentase rata-rata 66,66% dan 33,34% dan tingkat kecelakan tertinggi terjadi pada tahun 2021 dan tahun 2020, yaitu sebanyak kasus kecelakaan. Dan dari hasil One Way-Anova didapat hasil jumlah korban meninggal dunia dengan hasil signifikan 0,025 > 0,005 artinya Ho diterima karena tidak ada pengaruh antara satu variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil jumlah kecelakaan berdasarkan data pertahun berdasarkan dengan hasil signifikan 0,000 < 0,005 artinya Ho ditolak karena adanya pengaruh antar satu variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil jumlah kecelakaan berdasarkan hari terjadinya kecelakaan dengan hasil signifikan 0,000 < 0,005 artinya Ho ditolak karena adanya pengaruh antar satu variabel independen terhadap variabel dependen. Saran dari penelitian ini adalah dilakukan penanganan dan kesadaran manusia sebagai pengemudi maupun pejalan kaki perlu ditingkatkan.

Keywords: Kecelakaan Lalu Lintas, Faktor Kecelakaan, One Way-Anova

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rivai Clarkson H, O. (1999). Ahli Bahasa, Teknik Jalan Raya Jilid 1,. Gramedia

Anonim, 1993, Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi. Pemerintah Republik Indonesia.

Anonim, 2009, Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia. Bandung

Rivai Deddy dkk. 2022. Analisis Kerja Simpang Empat JL. PARIK PUTUIH).

Dewi S, dkk. 2022. Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metoda Bina Marga Dan Pavement Condition Index (PCI). Ensiklopedia.

Direktorat Jendaral Bina Marga, 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan

Heinrich, Petersen, Ross. 1980. Industrial Accident Prevention. Edisi kelima, Mc. Hobbs, F.D.,1995 Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas. Edisi kedua, Gadjah Mada University Press Yogyakarta.

J. Pignataro, Louis. 1973. Traffic Engineering Theory and Practice. USA: Prentice Hall, inc.

Mike Slinn, Paul Matthewa and Peter Guest, 2005. Traffic Engineering Design, Second Edition: Principles and Practice. Linacre House. Jordan Hill: Oxford.

Robinson, Richard & Thagesen, Bent. 2004. Road Engineering For Development(Second Edition). New York : Spon Press.

Organization, W. H. (2013). A global brief on Hypertension: silent killer,global public health crises. World Health Day.

Soesantiyo. (n.d.). Teknik Lalu Lintas I ( Traffic Engineering). Institut Teknologi Surabaya. Raffic Engineering.

Warpani, S. . (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan jalan. ITB.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter