ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PADANG TUJUH KM 8 PASAMAN BARAT

Putra Andesa, Surya Eka Priana, Yorizal Putra

Sari


Jalan Padang Tujuh Km 8 Kabupaten Pasaman Barat memiliki angka kecelakaan tinggi, yang merupakan daerah yang cukup potensial terhadap pergerakan arus lalu lintas karena merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Pasaman Barat Dengan Kabupaten Pasaman timur, di sepanjang jalan juga terdapat perkantoran, sekolah, pasar, pertokoan, dan pemukiman penduduk. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Data primer dilakukan survei lapangan seperti pengamatan kerusakan pada jalan, pengamatan kelengkapan rambu-rambu lalu lintas. Data sekunder yang diperlukan adalah data kejadian kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017 sampai 2021. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggolongkan kecelakaan berdasarkan faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas di Padang Tujuh Km 8 kabupaten Pasaman Barat adalah faktor manusia sebesar 50%, jumlah kecelakaan terbesar terjadi pada pukul 06:00 sampai 18:00 sebanyak 55% yang merupakan jam sibuk dan pelaku kecelakaan di dominasi oleh laki-laki sebanyak 81%. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan pada jalan Padang Tujuh Km 8 Kabupaten Pasaman Barat yaitu : memberikan Pendidikan lalu lintas dan sanksi yang tegas pada pengguna jalan yang melanggar peraturan berlalu lintas dan pemasangan rambu lalu lintas harus sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 61 1993 tentang Rambu Lalu Lintas.

Kata kunci : Jalan Padang Tujuh Km 8 Kabupaten Pasaman Barat, karakteristik kecelakan, korban.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astarina, L., Sugiyanto, G., & Indriyati, E. W. (2018). Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Analisis Lokasi Black Spot di Kabupaten Bogor. Dinamika Rekayasa, 14(2), 65-76.

Ari Wibowo, W. (2010). Analisa Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Utama di Wilayah Kabupaten Sragen Tahun 2002-2006 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Deasy, A. (2020). Faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas pada daerah rawan kecelakaan di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 2(3), 20-37.

Dharma, A. (2014). Identifikasi Kecelakan Lalu Lintas (Study Kasus Jalan Dalu-Dalu sampai Pasir Pengaraian). Jurnal Mahasiswa Teknik, 1(1).

Fasiech, A. (2020). Analisi Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Daerah rawan kecelakaan di jalan tol Surabaya-Manyar, Jawa Timur (Doctoral dissertation, universitas 17 agustus 1945).

Feryanti, I. K., & Mulyono, G. S. (2019). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Indriastuti, A. K., Fauziah, Y., & Priyanto, E. (2012). Karakteristik Kecelakaan dan Audit Keselamatan Jalan pada Ruas Ahmad Yani Surabaya. Rekayasa Sipil, 5(1), 40-50.

Marsaid, M., Hidayat, M., & Ahsan, A. (2013). Faktor yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor di wilayah Polres Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan: Journal of Nursing Science, 1(2), 98-112.

Priana, S. E. (2018). Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Lingkar Utara Kota Padang Panjang). Rang Teknik Journal, 1(1).

Setyowati, D. L., Firdaus, A. R., & Rohmah, N. (2018) Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Samarinda Factor Cause Of Road Accidents At Senior High School Students In Samarinda. The Indonesian journal of occupational safety and health, 7(3), 329-338.

Yumei, G. S. B. M. M. (2014). Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Dan Lokasi Black Spot Di Kab. Cilacap. Jurnal Teknik Sipil, 12(4).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter