SEKOLAH RAMAH HAK ASASI MANUSIA (SRH) SEBAGAI WUJUD IMPLEMENTASI HAK KONSTITUSI DI INDONESIA

Laurensius Arliman S

Sari


Beragam bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di sekolah telah memunculkan keprihatinan nasional yang harus direspon dengan cepat, tepat, dan benar. Respon tersebut sangat diperlukan agar kasus-kasus serupa tidak lagi muncul di masa depan. Beberapa cara dan upaya telah ditempuh kementerian / lembaga untuk menghapus kasus-kasus pelanggaran HAM di sekolah. Tapi, upaya tersebut belum mampu menunjukkan hasil yang optimal. Persoalannya karena upaya tersebut dijalankan secara sektoral, tematik, tidak terintegratif, tidak partisipatif, dan tidak berkelanjutan. Artikel ini menggunakan metodologi penelitian hukum normatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sekolah Ramah HAM / Human Rights Friendly School (SRH) merupakan pendekatan baru dan berbeda untuk menyelesaikan beragam pelanggaran HAM di sekolah. SRH adalah sebuah sekolah yang mengintegrasikan nilai-nilai HAM sebagai prinsip- prinsip inti dalam organisasi dan pengelolaan sekolah. Nilai  atau prinsip hak asasi manusia merupakan inti atau ruh dari proses dan pengalaman pembelajaran, dan tercermin dalam segala aspek. Sendi kehidupan sekolah. Pendekatan konsep SRH yang dipadukan dengan konsep pendidikan, diharapkan mampu memberikan jawaban riil untuk menyelesaikan beragam persoalan HAM yang ada di sekolah. Implementasi Konsep SRH akan berjalan optimal bila dilakukan secara sungguh-sungguh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan dukungan Komisi Nasional Hak Aasai Manusia (Komnas HAM), kementerian/lembaga terkait, masyarakat, para tokoh agama, tokoh masyarakat, lembaga-lembaga internasional, dan partisipasi aktif dari seluruh stake holder yang terkait dengan sekolah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardhyantama, V. (2020). Creativity Development Based Onthe Ideas Of Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1).

Assihiddiqie, J. (2005). Hukum Tata Negara dan Pilar-Pilar Demokrasi. Jakarta: Konstitusi Press.

Benenson, P. (2010). Becoming A Human Rights Friendly School: A Guidance for School Around the World. London: Amnesty International Ltd.

Chairiyah, Nadziroh, W. P. (2020). Konsep Sekolah Ramah Hak Asasi Manusia (HAM) Sebagai Wujud Pelaksanaan Konstitusi. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3).

Eich, D. (2008). A Grounded Theory of High-Quality Leadership Programs Perspectives From Student Leadership Development Programs in Higher Education. Journal of Leadership & Organizational Studies, 15(2).

International, A. (2012). Becoming a Human Rights Friendly School: A Guide for Schools Around the World. London: Amnesty International.

Laurensius Arliman S. (2016a). Gagalnya Perlindungan Anak Sebagai Salah Satu Bagian Dari Hak Asasi Manusia Oleh Orang Tua Ditinjau Dari Mazhab Utilitarianisme. Jurnal Yuridis, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35586/.v3i2.180

Laurensius Arliman S. (2016b). Partisipasi Masyarakat di dalam Perlindungan Anak yang Berkelanjutan Sebagai Bentuk Kesadaran Hukum. Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 310–329. https://doi.org/10.22304/pjih.v3n2.a5

Laurensius Arliman S. (2017a). Konsep dan Gagasan Pengenalan Pendidikan Antikorupsi Bagi Anak Dalam Rangka Mewujdukan Generasi Yang Bebas Korupsi. Jurnal Nurani, 17(1), 49–64.

Laurensius Arliman S. (2017b). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembentukan Perundang-Undangan Untuk Mewujudkan Indonesia Sejahtera Dalam Pandangan Teori Negara Kesejahteraan. Jurnal Politik Pemerintahan, 10(1), 59–72. https://doi.org/10.33760/jch.v5i1.185

Laurensius Arliman S. (2017c). Pendidikan Paralegal Kepada Masyarakat Sebagai Bentuk Perlindungan Anak Yang Berkelanjutan. UIR Law Review, 1(01), 63. https://doi.org/10.25299/ulr.2017.1.01.153

Laurensius Arliman S. (2018a). Peranan Metodologi Penelitian Hukum di Dalam Perkembangan Ilmu Hukum di Indonesia. Soumatera Law Review, 1(1).

Laurensius Arliman S. (2018b). Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Perspektif Pancasila dan Bela Negara. Jurnal Ilmu Hukum Unifikasi, 5(1), 58–70.

Laurensius Arliman S. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan-Tantangan Warga Negara Milineal Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Deepublish. Yogyakarta.

Sari, F. H. M. W. P. (2020). Strategi Humas KPAI dalam Melaksanakan Tugas Pengawasan pada Kasus Bullying Terhadap Guru, Januari-April, 2019. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8.

Widodo, R. (2017). Sekolah Ramah Hak Asasi Manusia (SR HAM): Solusi Menghapus Pelanggaran HAM di Sekolah. Jakarta: Komna HAM.

Yordan Gunawan, M. B. A. H. (2020). Sekolah Ramah HAM Sebagai Upaya Penanggulangan Tindakan Kekerasan Di Kalangan Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 4(2).

Zuriah, N. (2021). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksar.




DOI: https://doi.org/10.33559/esr.v4i2.1223

Jumlah Kunjungan

Anda Pengunjung Ke- Flag Counter