Perancangan Sistem Informasi Claim Asuransi Jiwa Pada PT. Marbun Insurance

wahyu lumban gaol

Sari


Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah terlepas dari bahaya, Beberapa macam bahaya yang mengancam kehidupan manusia disebabkan oleh peristiwa yang timbul secara mendadak tanpa diduga sebelumnya seperti meninggal dunia, menderita suatu penyakit, terjadi kecelakaan ataupun sebab yang lainnya. Alasan tersebut mendorong orang untuk mencari suatu perlindungan atau jaminan rasa aman terhadap persiapan masa depan yang lebih baik dan pasti. Asuransi jiwa sangat penting untuk melindungi jiwa dari resiko hidup yang tidak pasti, melindungi kebutuhan hidup serta untuk mengurangi beban bagi keluarga yang ditinggalkannya apabila terjadi kematian yang menimbulkan kerugian materiil dan immaterial1 . Kematian seseorang akan menimbulkan kerugian materiil, terutama jika yang meninggal itu adalah pencari nafkah atau tulang punggung dari keluarga, dan kapan datangnya kematian itu adalah suatu hal yang tidak dapat kita duga datangnya walaupun kita tau bahwa kematian pasti akan kita alami. PT. Marbun Insurance sampai sekarang ini dalam melakukan administrasinya belum menggunakan sistem dimana dalam pelaksanaannya membutuhkan waktu yang cukup lama, hal tersebut menimbulkan masalah seperti pegawai harus menyalin ulang data nasabah dan kelengkapannya, complainan nasabah yang meningkat. Dalam pembuatan sistem ini bertujan untuk membantu admin dan membantu nasabah dalam melakukan claim dengan pembelian asuransi yang diambil oleh nasabah

Teks Lengkap:

Hal 125-131

Referensi


Fatta, Hanif Al, 2008, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Jejen Arisandi1 , Abdul Rahman2, 2009, sistem informasi pengolahan transaksi asuransi jiwa berbasis website, Palembang.

Meiline fitriani sumrawauw, 2013, Evaluasi system dan procedure akutansi pembayaran claim asuransi kesehatan pada pt. askes.

D P Sari Jazwinarti, 2016, Anuitas last survivor untuk kasus tiga orang tertanggung.

Rochmana Anita Sari, Ratih Fitri Aini, Rudi Haryanto, 2016, System informais keikutsertaan asuransi pada asuransi jiwa bersama (AJB) bumiputera 1912 ,kantor cabang pasuruan.

Ni Putu Mirah Permatasari, I Nyoman Widana, Kartika Sari, 2016, Penentuan cadangan premi dengan metode premium sufficiency pada asuransi jiwa seumur hidup joint life.

Sugeng soedibjo Rachma fitriati, 2014, Penetapan Target Premi Asuransi Jiwa Syariah untuk Mencapai Titik Impas dengan Pendekatan Model Profit Testing.

Laurensius Arliman S, Perlindungan Hak Anak Di Dalam Memperoleh Pelayanan Kesehatan Di Indonesia, Lex Jurnalica, Vol. 15 (1) 2018.

Edi Hariyadi, Abdi Triyanto, 2017, Peran agen asuransi syariah dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang asuransi syariah.

Nova nofridawati, Premi asuransi jiwa pada akhir tahun kematian dan pada saat kematian terjadi.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v1i3.146

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.