ANALYSIS OF THE STUDENTS’ DIFFICULTIES IN WRITING EXPLANATION TEXT

Destri Wahyuningsih, Fajar Wirawan, Reza Rahma Willis, Yessi Ratna Sari

Sari


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis teks eksplanasi di kelas XI SMAN 1 Pasir Penyu. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menulis teks eksplanasi: kesulitan siswa dalam menulis teks eksplanasi adalah Grammar, Vocabulary, Mechanic, Organization, dan Ide atau Content. Saya memilih judul ini karena judul ini belum banyak diteliti oleh orang lain dan judul ini masih menimbulkan berbagai macam permasalahan, sehingga saya sangat tertarik untuk memecahkan masalah tersebut dan memilih judul ini. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes menulis, tes seperti artikel, koran, majalah dan ensiklopedi dengan menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tujuannya mendapatkan lebih banyak data. Teknik metode ini menggunakan metode campuran. Analisis kuantitatif digunakan untuk menghitung persentase nilai tes siswa. Sementara itu, analisis kualitatif digunakan untuk menggambarkan atau menginterpretasikan hasil dari hasil analisis kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Pasir Penyu sebanyak 32 siswa. Dengan menganalisis jawaban tes menulis siswa pada lembar wawancara. Peneliti mengetahui diperoleh nilai total hasil skripsi mereka adalah 1,899, dan nilai rata-rata siswa yang kurang adalah skor 59,3%. Kemudian dari jawaban tes tersebut peneliti mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menulis teks eksplanasi.

Kata Kunci : Kesulitan, Penulisan, dan Teks Explanation


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, M. (2016). “Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar”, Vol 2, No. 1.

Darmadi. (2021). “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RGG Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan”. Vol. 1, No. 2.

Diaz. (2013). “Mengajar yang Efektif Menjadi Penentu Kualitas Seorang Guru”, Vol 07, No. 01

Fulwiller. (2002). “Improving Students’ Writing Skills Through The Application Of Synetic Model Of Teaching Using Audiovisual Media, English Language Teaching Educational Journal”.Vol. 1, No 3.

Nurudin. (2015). “Teknik Penulisan Karya Ilmiah”.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pardiyono. (2017). “Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Dengan Media Berbasis Adobe Flash Siswa Kelas XI SMA, Jurnal Ilmu Budaya”.Vol.1, No.4.

Sufanti, Main. (2017). ”Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas Xi Di Smk Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016, Vol 5, No. 1

Sugiyono.(2011). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung

Tarigan.(2021).“Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraph, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar”.Vol. 3, No. 2.

Watkins, Knapp. (2020).“An Error Analysis Of Lexico grammatical Features On Students’ Writing Explanation Txt Ability”. Vol. 3, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v4i3.207

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.