PEMODELAN SISTEM INFORMASI SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS) DENGAN FRAMEWORK ZACHMAN

Ade Wisandra

Sari


Perkembangan sistem informasi dan teknologi informasi akan berdampak pada persaingan yang semakin kompetitif, hal ini berlaku juga di dunia pendidikan terutama bagi perguruan tinggi yang dikelola oleh masyarakat (swasta), menuntut pihak pengelola untuk membangun dan mengembangkan sistem informasi dalam membantu aktifitas bisnis, mencapai tujuan organisasi dan layanan bagi stakeholder. Zachman Framework merupakan salah satu metode EAP yang banyak digunakan dalam perancangan sistem dimana di dalam metode ini perencanaan dilakukan dengan langkah-langkah yang sistematis, mudah dipahami dan dapat dijadikan kontrol untuk pengembangan sistem informasi ke depan. Hasil penelitian ini berupa blue print slims rancangan system perpustakaan online yang dipetakan didalam bentuk matrik Zachman yang dilihat dari sudut pandang Planner,System Model dan Technology Model. Dengan menggunakan Zachman Framework dapat diperoleh informasi secara detail tentang bagaimana sistem informasi itu dirancang, segala kebutuhan baik data, sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung berjalannya sistem informasi tersebut.

Teks Lengkap:

Hal 1-5

Referensi


Ajie, M. D. (n.d.). Sistem otomasi perpustakaan. Sistem Otomasi Perpustakaan, 1–11.

Cahyono, J. E. (2013). Analisis Senayan Library System ( SLiMS ) di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga.

E-government, L. (2011). Kajian Perkembangan Dan Usulan Perancangan Enterprise Architecture Framework, 2011(Snati), 17–18.

Falahah, & Rosmala, D. (2010). Penerapan Framework Zachman Pada Arsitektur Pengelolaan Data Operasional (Studi Kasus SBU Aircraft Services, PT. Dirgantara Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2010(Snati), 96–98.

Hariyadi, H. (2018). Peran Orangtua Dalam Mengawasi Anak Dalam Mengakses Media Internet Untuk Mewujudkan Perlindungan Hak Anak. Soumatera Law Review, 1(2), 267-281.

Kurniawan, B., & Kom, M. (2007). Enterprise Architecture Planning Sistem Informasi. Majalah Ilmiah Unikom, 9 No.1(1), 21–32.

Marlissa, J. (2013). Riset Manajemen Operasi & Bisnis Literatur Review : Pemodelan dan Simulasi Sistem, 1–8.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v1i2.29

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.