DESAIN IMPLEMENTASI MATERIAL HANDLING EQUIPMENT UNTUK DISTRIBUSI BAHAN DAN PRODUK PADA INDUSTRI

Gun Gun Maulana, Wahyudi Purnomo, Fitriya Suryatini

Sari


Dalam proses industri manufaktur, bahan baku atau produk perlu dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya dengan jarak tertentu dan dipilah antara produk satu dan produk lainnya. .Proses pemindahan dan pemilahan barang pada industri dengan menggunakan konveyor yang bekerja untuk mengangkut material dari satu titik ke titik lainnya, konveyor yang digunakan saat ini masih memiliki beberapa kelemahan seperti tidak dapat mengukur berat produk, tidak dapat menyortir produk berdasarkan bentuk, tidak dapat mendeteksi jenis benda dan tidak dapat mengatur kecepatan motor. Dengan tujuan untuk memperoleh hasil produksi yang maksimal, diperlukan sistem Material handling equipment yang baik dalam proses distribusi suatu barang. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian sistem otomasi pada konveyor menggunakan mikrokontroller dengan beberapa sensor seperti sensor proximity, sensor photodioda, sensor loadcell dan sensor ultrasoni . Sistem yang dibuat dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di industri yaitu dapat mengembangkan sistem automation conveyor yang cepat, aman dan efisien. Hal ini bertujuan untuk mengurangi intervensi manusia sekaligus meningkatkan produktivitas perusahaan.

Teks Lengkap:

Hal 60-67

Referensi


Priswanto, A. Mubyarto, W. Hp And T. Acep, "Perancangan Prototipe Sistem Konveyor Di Industri," Konveyor Di Industri, Vol. 18, No. 1, Pp. 007-014, 2017.

A. J. Aniket, D. V. Shubham, R. S. Akash And G. K. Rahul, "Design Of Material Handling Equipment:," Belt Conveyor System For Crushed, Vol. 4, No. 2, Pp. 39-48, 2015.

L. K. Nordell, "Recent Applications In Conveyor System To Improve Conveyor Perfomance," In Conveyor Dynamics, Perth, 1999.

Laurensius Arliman S, Perlindungan Hukum Terhadap Karya Desain Industri Di Indonesia, Lex Jurnalica, Volume 15, Nomor 2, 2018.

R. W. Fajar, R. Angga And D. W. Prasetya, "Perancangan Dan Implementasi Alat Penyortit Barang Pada Konveyor Dengan Pengolahan Citra," Vol. 5, No. 1, Pp. 40-47, 2018.

M. Husnibes And P. Edi , "Perancangan Alat Ukur Ketebalan Menggunakan Mikrokontroler Atmega," Vol. 12, No. 1, Pp. 1-8, 2016.

Priswanto, M. Agung, H. Widhiatmoko, T. Acep, S. Mohamad And M. Muslim, "Perancangan Prototipe Sistem Konveyor Industri Dilengkapi Dengan Sistem Pemisah Benda Berdasarkan Warna,Ukuran Dan Jenis Benda Berbasis Plc Mitsubishi Fx2n," Vol. 18, No. 1, Pp. 7-14, 2017.

G. Kadri And H. S. Abd. , "Rancang Bangun Penghitung Obat Secara Otomatis Dengan Menggunakan Mikrokontroler At89s51 Memanfaatkan Inframerah Dan Photodioda," Jurnal Einstein, Vol. 4, No. 3, Pp. 1-7, 2016.

Siemens, Continuous Belt Weighing In The Cement Industry, Karlsruhe: Siemens Ag, 2016.

M. Husnibes And Z. Saiful, "Pemodelan Ruang 3 Dimensi Dengar Sensor Bergerak Berbasis Raspberry Pi," In Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2016, Jakarta, 2016.

A. Magdy, Vdi 2206, Cairo: Ain Shams University, 2014.

R. Siegwart, Introduction To Autonomous Mobile Robots Second Edition, Cambrigde: The Mit Press, 2011.

J. A. S. M. Gausemeier, New Guideline Vdi 2206 = A Flexible Procedure Model For Design Of Mechatronics Systems, Stockholm, Swedia: International Conference On Engineering Design, Iced, 2003.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v1i2.32

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.