THE CONTRIBUTION OF THE FAMILY HOPE PROGRAM IN REDUCING THE STUNTING RATE IN CHILDREN IN KAMPAR DISTRICT, RIAU PROVINCE

Pivit Septiary Chandra

Sari


Abstrak: Berdasarkan Keputusan Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor Kep 42/M.PPN/HK/04/2020 tentang Penetapan Lokasi Pemekaran Kabupaten/Kota Sebagai Fokus Intervensi Pengurangan Stunting Terintegrasi Pada tahun 2021 Kabupaten Kampar menjadi salah satu lokus Intervensi Pengurangan Stunting. Kabupaten Kampar memiliki jumlah penduduk miskin yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 65,30 ribu jiwa pada tahun 2020, dengan persentase penduduk miskin sebesar 7,38 persen. Pemerintah telah melaksanakan gerakan nasional pencegahan stunting untuk menekan masalah stunting dan bermitra dengan multisektor. Salah satu program yang telah dilaksanakan dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini menggunakan metode Desk Study dengan analisis deskriptif kualitatif. Metode Desk Study dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi melalui pemeriksaan dan analisis data informasi menggunakan data sekunder, baik dalam dokumen, undang-undang, peraturan, laporan, data statistik, studi literatur, dll. Berdasarkan kegiatan fungsional, Charles O Jones menyatakan efektif atau tidaknya pelaksanaan program. Standar penilaian yang dapat digunakan adalah organisasi, interpretasi, dan Aplikasi. Kesehatan ibu hamil/menyusui, bayi, dan balita. Dan masih ada pelaksanaan PKH di beberapa bagian Kabupaten Kampar yang belum sesuai prosedur, sehingga pendampingan PKH masih belum maksimal tepat sasaran.

Kata kunci: Program keluarga harapan, stunting.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anjela, R. (2019). Efektivitas Bantuan Dana Tunai Program PKH Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. UIN Suska Riau.

Atmilati Khusna, N., & Soedarto, J. H. (2017). Hubungan Usia Ibu Menikah Dini Dengan Status Gizi Batita Di Kabupaten Temanggung. Journal Of Nutrition College, 6(1). Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jnc

Charles O Jones. (1996). Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy) (N. Budiman (Ed.)). Pt. Raja Grafindo Persada.

Elfisyarah. (2018). Implementasi Bantuan Sosial Prorgram Keluarga Harapan (Pkh) Di Desa Muara Jalai Kec. Kampar Utara Kab. Kampar. Uin Suska Riau.

Febriani, N. (2021). Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Pada Pkh Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar.

Kementerian Sosial. (2021). Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Tahun 2021. In Kementerian Sosial Republik Indonesia (P. 76).

Mastina, T. (2021). Upaya Pemerintah Kabupaten Kampar Dalam Penanganan Stunting Balita. Majalah Media Perencana, 2(1), 153–164.

Program, I., Harapan, K., & Masa, P. (2021). Ministrate Implementasi Program Keluarga Harapan Pada Masa Pandemi. 3(2), 51–61.

Rezeki, M., & Srg, F. (2021). Skripsi Oleh : Muhammad Rezeki Firmansyah Srg Npm.1703090013.

Riau, B. P. (2021). Provinsi Riau Dalam Angka Tahun 2021. Bps Provinsi Riau.

Sosial, K. (2020). Kontribusi Program Keluarga Harapan Dalam Pencegahan Stunting Di Indonesia. Https://Puspensos.Kemensos.Go.Id/Kontribusi-Program-Keluarga-Harapan-Pkh-Dalam-Pencegahan-Stunting-Di-Indonesia

Tnp2k. (2017). 100 Kabupaten/Kota Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting): Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta, 2(C), 287.

Https://Kebijakankesehatanindonesia.Net/25-Berita/Berita/3802-Angka-Stunting-Turun-Tapi-Belum-Standar-Who

Https://Rsddrsoebandi.Id/Cek-Penerima-Bansos-Pkh/

Https://Www.Bps.Go.Id/Subject/23/Kemiskinan-Dan-Ketimpangan

Https://Puspensos.Kemensos.Go.Id/Kontribusi-Program-Keluarga-Harapan-Pkh-Dalam-Pencegahan-Stunting-Di-Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v4i3.333

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.