PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR. SURYA KATIALO

Subagiyo Subagiyo, Zuraedah Indah

Sari


Perkembangan dunia perbankan yang dewasa ini bergerak sangat cepat disertai dengan adanya tantangan-tantangan yang semakin luas dan kompleks. Hal tersebut membuat perbankan harus cepat dan tanggap dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya melayani masyarakat. Bank adalah salah satu lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa keuangan, sehingga harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik (service excellent) agar dapat memenangkan persaingan yang semakin hari semakin kompetitif.
Selanjutnya dirumuskan permasalahan bagaimana pelaksanaan pelayanan prima, tingkat kepuasan nasabah dan seberapa besar pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR. Surya Katialo. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan prima, tingkat kepuasan nasabah dan hubungan pelayanan prima dengan kepuasan nasabah.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analis. Meneliti populasi dan menentukan survei pada objek penelitian perusahaan. Populasi penelitian sebanyak 300 orang dengan pengambilan sampel secara sampling jenuh sehingga jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa korelasi antara pelayanan prima dengan kepuasan nasabah dihasilkan r = 0,86 termasuk kategori sangat kuat dan hasil pengujian statistik melalui uji t (pada tingkat kekeliruan 5 % nilai ttabel 2,048) sedangkan hasil analisis diperoleh thitung 8,94 maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelayanan prima terhadap peningkatan kepuasan nasabah. Koefisien determinasi 73,96% sehingga kepuasan nasabah dipengaruhi oleh pelayanan prima sebesar 73,96%. Sedangkan untuk regresi linear dihasilkan persamaan Y=9,98+1,56X yang artinya apabila nilai X dinaikkan 1 satuan maka nilai Y akan naik sebesar 1,56 pada konstanta 9,98.
Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR. Surya Katialo. Saran untuk meningkatkan kepuasan nasabah PT. BPR. Surya Katialo agar meningkatkan pelayanan prima sehingga pada akhirnya peningkatan kepuasan nasabah akan jauh lebih maksimal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adya Brata, Atep. 2004. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

............................. 2006. Dasar-Dasar Pelayanan Prima Cetakan Ketiga. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta. PT Rineka Cipta.

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengertian Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta. PT. Toko Gunung Agung.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 Tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum. Jakarta. Menpan.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta. PT Prehallindo.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Sudjana. 2000. Metoda Statistika. Bandung. Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian. Bandung. Alphabeta.

……......... 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

……….... 2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta. Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i4.797

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.