DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRILAKU SOSIAL ANAK PESANTREN RAMADHAN DI KELURAHAN BANUARAN NAN XX

Yohanis Yohanis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat fenomena penggunaan gadget dan dampaknya terhadap perilaku sosial anak pesanten ramadhan di Kelurahan Banuaran Nan XX. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan tekhnik Purposive Sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar santri menggunakan gadget. Fitur-fitur yang sering dipakai adalah kamera, WA, Game, Mp3, youTube, internet dan media sosial. Fitur-fitur tersebut digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan, mencari bahan pelajaran, sebagai hiburan, dan menghilangkan rasa bosan. Gadget selalu digunakan setiap saat dan sering digunakan disaat yang tidak tepat seperti dalam proses pembelajaran santri menggunakan gadget tanpa sepengetahuan guru. Bahkan pada saat berada di toilet pun juga bermain gadget. Fenomena penggunaan gadget berdampak terhadap perilaku sosial anak pesantren ramadhan di Kelurahan Banuaran Nan XX yaitu membuat santri mudah berinteraksi dengan orang banyak lewat media sosial.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buchari Alma, dkk. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta

Rusli, Ibrahim, 2001, Psikologi Perkembangan, Bandung : PT Rosda Karya Remaja.

William/Sawyer, 2007, Using Information Technology terjemahan Indonesia, penerbit ANDI, ISBN 979-763-817-0

Winarno, Wing. 2009. Panduan Penggunaan Gadget. Jakarta: Rineka Cipta.

Harfiyanto, Doni, dkk. 2015. Pola Interaksi Sosial Santri Pengguna Gadget Di Sma N 1 Semarang. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess. Diakses tanggal 20 Mei 2021.

Buku Panduan Pesantren Ramadhan tahun 1442 H/2021 M




DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i4.806

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jumlah Kunjungan

Negara Pengunjung

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.