FAKTOR-FAKTOR KETIDAK PATUHAN WAJIB PAJAK DALAM KEWAJIBAN MEMBAYAR PAJAK

Edi Haskar

Sari


Pajak merupakan sektor vital yang sangat berpengaruh terhadap pendapatan Negara. Pajak dibebankan kepada setiap warga Negara yang memiliki kewajiban membayar pajak. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak warga Negara yang memiliki kewajiban perpajakan. Dan pada kenyataannya masih banyak Wajib Pajak yang belum memenuhi kewajiban perpajakan. Ini didasarkan pada kesadaran Wajib pajak yang masih kurang akan pentingnya melaksanakan kewajiban perpajakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor-faktor ketidakpatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak yaitu, karena kurangnya pemahaman mengenai peraturan perpajakan, kurangnya penegakan sanksi perpajakan. Kemudian kesadaran Wajib Pajak yang belum memahami akan manfaat dari pajak, serta pelayanan pajak yang belum maksimal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyonowati, Nur. 2011. Model Moral dan Kepatuhan Perpajakan: Wajib Pajak Orang Pribadi. JAAI.Volume 15, No.2.

Priantara, Diaz. 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta: MitraWacana Media.

Effendy, Tommy Surya dan Agus Arianto Toly.2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Pertambahan Nilai. Tax & Accounting Review.Vol.1, No.1.

Fuadi, Yuli Triya. 2021. Faktor yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kabupaten Kuantan Singingi. SNEBA.Vol. 1.

Imaroh, Tukhas Shilul.2016. Strategi Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak DalamMewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (Sdgs). Prosiding Seminar STIAMI.Vol. 3 No. 1.

Jayanto, Prabowo Yudo. 2011. Faktor-Faktor Ketidakpatuhan Wajib Pajak. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 2, No. 1.

Kusumaningrum, Feny Retno, dkk.2020. Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat dalam Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Dusun Kalipanggang Desa Candirejo Tuntang. Jurnal Akuntansi dan Pajak.Vol. 21 No. 1.

Resmi, Siti. 2014. PerpajakanTeoridanKasus. Jakarta: SalembaEmpat.

Rosdiana, Haula dan Edi Slamet Irianto. 2011. Panduan Lengkap Tata Cara Perpajakan di Indonesia. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Sidanti, Heny, dkk. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Niat Ketidakpatuhan Dalam Membayar Pajak Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior (TPB). Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA.

Sinaga, Niru Anita.2016. Pemungutan Pajak Dan Permasalahannya Di Indonesia.Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara. Vol. 7 No. 1.

Susanto, Herry.2012. “Membangun Kesadaran Dan Kepedulian Sukarela Wajib Pajak”, diakses dari (https://www.pajak.go.id/id/artikel/membangun-kesadaran-dan-kepedulian-sukarela-wajib-pajak), pada tanggal (12 Mei 2022), pukul (15.59).




DOI: https://doi.org/10.33559/esr.v4i2.1174

Jumlah Kunjungan

Anda Pengunjung Ke- Flag Counter