PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KATA PADA TEMA KEGEMARANKU KELAS 1 UPT. SD NEGERI 17 SARUASO

Misdar Misdar

Sari


Berdasarkan hasil observasi penelitian di kelas 1 UPT. SD Negeri 17 Saruaso, banyak siswa yang masih belum bisa mengenal huruf abjad. Kurangnya guru dalam mengenalkan huruf dan bentuk huruf kepada siswa sehingga masih ada siswa yang belum bisa membedakan antara huruf b dan d dan m dan w. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan menyusun kata dengan menggunakan media puzzle dan model pembelajaran picture and picture kelas 1 UPT. SD Negeri 17 Saruaso? (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam meningkatkan kemampuan menyusun kata dengan menggunakan media puzzle dan model pembelajaran picture and picture kelas 1 UPT. SD Negeri 17 Saruaso? (3) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menyusun kata dengan menggunakan media puzzle dan model pembelajaran picture and picture kelas 1 UPT. SD Negeri 17 Saruaso?. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas I UPT. SD Negeri 17 Saruaso yang berjumlah 17 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta lembar soal tes. Teknis analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan aktivitas siswa pada siklus I ada 12 siswa yang tuntas 70,59% sedangkan siklus II ada 15 siswa yang tuntas 88,24% jadi siklus II mengalami peningkatan. Dilihat dari rata-rata siklus I 74,12 dan siklus II 83,5.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anas, Sudijono. 2013. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

A. Suciaty al-Azizy. 2010. Asah ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya

Ingatnya,Jogjakarta: Diva Press.

E Mulyasa. 2004. Implementasi Kurikulum, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Ernawati. 2016 Penggunaan Media Pembelejaran Crowssword Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa.

Fathurrohman, M. (2010). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Istarani. 2011. Pembelajaran Inovatif (Refrensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada

Munawir, Yusuf.2005. Pendidikan bagi anak dengan problema belajar, Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan.

Nisak,Raisatun 2011.Lebih dari 50 Gama Kreatif Untuk Aktivitas Belajar .Jogjakarta:Diva Press

Suharsimi Arikunto, dkk. 2008..Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT Bumi aksara.

Suyatno.2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra.Surabaya: SIC.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wina, Sanjaya.2004. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Prenada Media Group

Wina, Sanjaya. 2009.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33559/eer.v3i1.707

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter